Pendahuluan PTK
"Layanan Klasikal"
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu komponen
penting dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yaitu
manusia yang mampu menghadapi berbagai perubahan dan kemajuan teknologi.
Penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan dengan memberikan dan menerapkan
ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan alam sehingga dapat menghadapi
masa depan. Dalam hal ini guru mempunyai peranan penting dalam melaksanakan
pembinaan terhadap para kader penerus pembangunan.
Sebagaimana yang dikatakan Usman, Uzer (
1995 : 7 ) tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih.
Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar
berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan
melatih bearti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan kepada siswa.
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran,
guru seringkali dihadapkan dengan berbagai macam masalah, terutamam
masalah-masalah yang terkait dengan keberhasilan proses pendidikan.
Keberhasilan dalam belajra terlihat dari siswa yang berprestasi. Keberhasilan
siswa dalam belajar tidak terlepas dari peran aktif guru yang mampu memberi
motivasi dan dapat menciptakan iklim belajar yang harmonis, kondusif,
menyenangkan dan mampu memberi semangat kepada siswa.
Untuk itu guru sebagai seorang pelajar
apabila ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien, maka hendalnya ia
harus memperhatikan berbagai faktor seperti : tujuan, bahan, metode, alat dan
evaluasi. Sebagaimana yang dikatakan Roestiyah N.K (Dalam Djamarah. Syaiful
Bakhri, 2006 : 74 ), guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar
secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu
langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik
penyajian atau biasanya dengan metode mengajar.
Menurut Sudjana (1989 : 76) metode
mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar siswa.
Kalaupun kita sepakat bahwa keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya
ditentukan oleh metode yang diterapkan noleh guru, tetapi pemilihan dan
penerapan metode yang tepat dalam proses pembelajaran akan memberikan
kontribusi yang signifikan terhadap keberhasilan proses pembelajaran.
Di lembaga pendidikan terutama
sekolah masih banyak guru dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional.
Metode konvensional merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru
dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan oleh guru, jadi guru
memegang peranan utama dalam menentukan isi dan proses belajar termasuk dalam
menilai kemajuan siswa. Salah satu contoh dari metode konvensional yaitu metode
ceramah. Metode ceramah merupakan sebuah metode mengajar dengan menyampaikan
infromasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya
mengikuti secara pasif.
BP/BK sebagai salah satu bidang di
lembaga pendidikan bertugas memberikan layanan-layanan kepada siswa. Salah
satu metode yang tepat yang digunakan dalam proses layanan BK adalah layanan klasikal.
Berdasarkan study pendahuluan yang
dilakukan di SMP N 1 ........Kabupaten .........., untuk kegiatan layanan klasikal
yang dilaksanakan di lingkungan sekitar
belum pernah diterapkan. Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk
melakukan penelitian lebih mendalah dengan judul “....................................
B.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
perumusan masalah tersebut, maka penulis menyusun beberapa pertanyaan sebagai
berikut :
Bagaimana proses pemberian layanan klasikal oleh
guru BK di SMP……
C.
Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mempunyai
tujuan sebagai berikut :
Untuk menggambarkan proses pemberian layanan
klasikal oleh guru BK di SMP……
D.
Manfaat Penelitian
1.
Bagi siswa, layanan klasikal dapat membantu siswa menyelesaikan masalah.
2. Bagi
guru, menambah pengetahuan dalam ketercapaian, mengembangkan kompetensi dasar.
3.
Untuk memperbaiki mutu ;layanan BK.
4. Menambah hasanah penelitian yang
diharapkan dan dapat bermanfaat bagi civitas akademik.
Pendahuluan PTK Layanan Klasikal
0 komentar:
Posting Komentar