JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Pendahuluan PTK Layanan Klasikal

Pendahuluan PTK 

"Layanan Klasikal"


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yaitu manusia yang mampu menghadapi berbagai perubahan dan kemajuan teknologi. Penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan dengan memberikan dan menerapkan ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan alam sehingga dapat menghadapi masa depan. Dalam hal ini guru mempunyai peranan penting dalam melaksanakan pembinaan terhadap para kader penerus pembangunan.
Sebagaimana yang dikatakan Usman, Uzer ( 1995 : 7 ) tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih bearti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan kepada siswa.
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, guru seringkali dihadapkan dengan berbagai macam masalah, terutamam masalah-masalah yang terkait dengan keberhasilan proses pendidikan. Keberhasilan dalam belajra terlihat dari siswa yang berprestasi. Keberhasilan siswa dalam belajar tidak terlepas dari peran aktif guru yang mampu memberi motivasi dan dapat menciptakan iklim belajar yang harmonis, kondusif, menyenangkan dan mampu memberi semangat kepada siswa.
Untuk itu guru sebagai seorang pelajar apabila ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien, maka hendalnya ia harus memperhatikan berbagai faktor seperti : tujuan, bahan, metode, alat dan evaluasi. Sebagaimana yang dikatakan Roestiyah N.K (Dalam Djamarah. Syaiful Bakhri, 2006 : 74 ), guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasanya dengan metode mengajar.
Menurut Sudjana (1989 : 76) metode mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar siswa. Kalaupun kita sepakat bahwa keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh metode yang diterapkan noleh guru, tetapi pemilihan dan penerapan metode yang tepat dalam proses pembelajaran akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberhasilan proses pembelajaran.
Di lembaga pendidikan terutama sekolah masih banyak guru dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional. Metode konvensional merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan oleh guru, jadi guru memegang peranan utama dalam menentukan isi dan proses belajar termasuk dalam menilai kemajuan siswa. Salah satu contoh dari metode konvensional yaitu metode ceramah. Metode ceramah merupakan sebuah metode mengajar dengan menyampaikan infromasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.
BP/BK sebagai salah satu bidang di lembaga pendidikan bertugas memberikan layanan-layanan kepada siswa. Salah satu metode yang tepat yang digunakan dalam proses layanan BK  adalah layanan klasikal.
Berdasarkan study pendahuluan yang dilakukan di SMP N 1 ........Kabupaten .........., untuk kegiatan layanan klasikal  yang dilaksanakan di lingkungan sekitar belum pernah diterapkan. Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalah dengan judul “....................................

B. Perumusan Masalah
       Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka penulis menyusun beberapa pertanyaan sebagai berikut :
Bagaimana proses pemberian layanan klasikal oleh guru BK di SMP……

C. Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan sebagai berikut :
Untuk menggambarkan proses pemberian layanan klasikal oleh guru BK di SMP……


D. Manfaat Penelitian
1.    Bagi siswa, layanan klasikal dapat membantu siswa menyelesaikan masalah.
2. Bagi guru, menambah pengetahuan dalam ketercapaian, mengembangkan kompetensi dasar.
3.  Untuk memperbaiki mutu ;layanan BK.
4. Menambah hasanah penelitian yang diharapkan dan dapat bermanfaat bagi civitas akademik.
 Pendahuluan PTK Layanan Klasikal



0 komentar:

Poskan Komentar