JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Format Penilaian Kinerja Pembimbing


Format Penilaian Kinerja Pembimbing


KAMI MEMBUKA JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294

MELAYANI DAN MEMUDAHKAN ANDA ;      

1. JASA PEMBUATAN SKRIPSI BP BK                                                            
3. JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP BK                            

DETAIL HARGA KLIK DISINI


Jika akan dilaksaakan akreditasi yaitu  penilaian oleh dinas terkait dalam menilai kualitas sekolah tertentu maka ada acuan penilaiannya. Acuan penilaian Kinerja Pembimbing adalah sebagai berikut :


Format Penilaian Kinerja Pembimbing


 Format penilaian kinerja pembimbing ini berfungsi sebagai acuan tim penilai dari Dinas pendidikan untuk menilai bagus tidaknya kinerja pembimbing. Nah penilaian itu biasnya didasrkan atas bukti fisik yaitu atas dasar hitam di atas putih.  Jadi administrasi pembimbing harus dilengkapi selengkap mungkin.

Penilain kinerja pembimbing dilihat dar ibeberapa aspek, yaitu :
1. Tugas Guru Pembimbing
1. Guru Pembimbing hanya melaksanakan tugas pokok BK 
2. Guru Pembimbing, dilibatkan sebagai koord. Pengembangan diriatau kegiatan ekstra kurikuler/tugas sebagai PKS.
3. Guru Pembimbing diberi tugas tambahan menyampaikan materisebagai Guru Mata Pelajaran/guru piket
4. Guru Pembimbing menangani semua masalah siswa (tidak adamekanisme/alur penanganan)ABCDEJika indikator 1&2 ygtampak Jika indikator 1 yang tampak Jika indikator 4 yang tampak Jika 1&3 indikator yangtampak Jika tidak ada indikator


2. Agenda Guru Pembimbing Sehari-hari
1. Guru Pembimbing menulis dalam agenda harian, yaitu tentang kegiatan BK dan nama-nama siswa yang akan konselingdengan satuan layanan (SATLAN)
2. Guru Pembimbing memiliki agenda harian, tetapi belumdilengkapi dengan SATLAN3. Guru Pembimbing tidak memiliki agenda harian.

 3. Pelaksanaan PelayananLayanan Orientasi
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Menggunakan strategi dan media yang efektif d. Dilaksanakan di luar kelase. Melakukan evaluasi hasil dan prosesf. Pelaporan kegiatang. Tindak lanjut layanan

4. Layanan Informasi (kontak langsung)
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Memberikan informasi yang akuratd. Memperluas wawasan/pemahaman kepada siswae. Dapat menjadi bahan untuk pengambilan keputusan siswa
 Melakukan evaluasi hasil dan prosesg. Pelaporan kegiatanh. Tindak lanjut layanan


5. Layanan Penguasaan Konten
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Siswa mendapat ketrampilan perilaku barud. Melakukan evaluasi hasil dan prosese. Pelaporan kegiatan


6. Layanan Penempatan dan Penyaluran
a. Membuat proposal program/satlan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Membuat dan/atau menggunakan angketd. Menggunakan tes (IQ, bakat,TPA) tstandar e. Melakukan anĂ¡lisis hasil tes atau angketf. Melakukan prediksi/prognosisg. Melakukan tindak lanjut kepada siswah.
Siswa dapat menganalisis kekuatan/kelemahan
i. Melakukan sosialisasi hasil tes atau angket kepada stake holder  j. Membuat evaluasi hasil dan prosesk. Pelaporan kegiatanl.

7. Layanan Konseling Individual
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melakukan identifikasi konseli dan masalahnyac. Menggunakan teori/teknik konseling tertentu dan atau eklektik d. Melaksanakan langkah sistematis (awal, inti, akhir)e. Menggunakan ketrampilan dasar konselingf. Menggunakan mediag. Melakukan pencatatan perubahan perilakuh. Pelaporan kegiatani

8. Kebermanfaat hasil Layanan Konseling
1. Hasil layanan konseling bermanfaat bagi konseli didukung oleh pernyataan konseli (terdokumentasikan)2. Hasil layanan konseling mendukung program-program sekolah (ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari sekolah)3. Layanan konseling dapat memfasilitasi perkembangan siswa (ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari orang tua, guru, atau KepalaSekolah)

9. Pengembangan Profesi
1. Guru Pembimbing selalu mengembangkan wawasan melaluiDiklat/workshop/seminar 2. Guru Pembimbing menjadi pengurus MGBK tingkat Kota TangSel3. Guru Pembimbing menjadi pengurus ABKIN tingkat Kota TangSel/Propinsi

 Itu diatas adalah beberapa aspek penilaian kinerja pembimbing sedangkan format penilaiannya adalah sebagai berikut :

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU PEMBIMBING (BIMBINGAN DAN KONSELING)ASPEK PERENCANAAN PELAYANAN
no
Indikatoryangterpenuhi


A
B
C
D
E

A. Kompetensi Guru PembimbingLatar Belakang Pendidikan
1. Konselor sekolah (S1 BK/PPB dan PPK)
2. Berpendidikan S1 BK dan/atau Psikologi Pendidikan
3. Berpendidikan Psikologi atau lainnya, dan sudah mengikutidiklat BK 180 jam
4. Berpendidikan Psikologi/Sarmud/D3









Siswa Asuh
1. Jumlah siswa asuh untuk :
(a) Kepala sekolah berlatar belakang BK : 40-75 siswa
(b) Wakil Kepala Sekolah berlatar belakang BK : 75-100 siswa
.(c) Guru Pembimbing mengasuh 150 siswa.
2. Guru Pembimbing mengasuh kurang dari 150 siswa.3. Guru Pembimbing mengasuh lebih dari 200 siswa.4. Guru Pembimbing memiliki Daftar Siswa Asuh yang berisi :(a) Nomor Urut/NIS/Kelas(b) Nama Siswa(c) Alamat, Nomor Telepon(d) Peta kekuatan/potensi dan kelemahan/masalahABCDEJika 4 indikator terpenuhiJika 3 indikator terpenuhiJika 2 indikator terpenuhiJika 1 indikator terpenuhiJika tidak ada








Tugas Guru Pembimbing
1. Guru Pembimbing hanya melaksanakan tugas pokok BK 
2. Guru Pembimbing, dilibatkan sebagai koord. Pengembangan diriatau kegiatan ekstra kurikuler/tugas sebagai PKS.
3. Guru Pembimbing diberi tugas tambahan menyampaikan materisebagai Guru Mata Pelajaran/guru piket
4. Guru Pembimbing menangani semua masalah siswa (tidak adamekanisme/alur penanganan)ABCDEJika indikator 1&2 ygtampak Jika indikator 1 yang tampak Jika indikator 4 yang tampak Jika 1&3 indikator yangtampak Jika tidak ada indikator








Agenda Guru Pembimbing Sehari-hari
1. Guru Pembimbing menulis dalam agenda harian, yaitu tentang kegiatan BK dan nama-nama siswa yang akan konselingdengan satuan layanan (SATLAN)
2. Guru Pembimbing memiliki agenda harian, tetapi belumdilengkapi dengan SATLAN3. Guru Pembimbing tidak memiliki agenda harian.










Layanan Bimbingan dan Konseling
1. Guru Pembimbing memberikan layanan BK pada setiap siswa asuhdalam satu semester minimal 10 kali (dituangkan dalam satlan)2. Guru Pembimbing melaksanakan layanan untuk seluruh siswa3. Layanan terjadwal, tidak terjadwal, atau di luar jam pelajaran4. Guru Pembimbing hanya membantu siswa bermasalah saja.








Kerjasama
1.
Dalam melaksanakan kegiatan BK, Guru Pembimbing
 selalu
 melibatkan pihak-pihak yang terkait di sekolah sesuai dengan peranandan fungsinya masing-masing, antara lain :(1)Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah.(2)Wali Kelas.(3)Guru Mata Pelajaran/Guru Praktek (4)Orang Tua/Wali siswa(5)Tata Usaha(6)Pihak lain yang diperlukan.Keterkaitan itu tercantum di dalam : Satuan Layanan (SATLAN)2. Guru Pembimbing kadang-kadang melibatkan pihak lain bila perlu.3. Guru Pembimbing melakukan tugasnya dengan bekerja sendir








. Pelaksanaan PelayananLayanan Orientasi
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Menggunakan strategi dan media yang efektif d. Dilaksanakan di luar kelase. Melakukan evaluasi hasil dan prosesf. Pelaporan kegiatang. Tindak lanjut layanan








Layanan Informasi (kontak langsung)
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Memberikan informasi yang akuratd. Memperluas wawasan/pemahaman kepada siswae. Dapat menjadi bahan untuk pengambilan keputusan siswa
 Melakukan evaluasi hasil dan prosesg. Pelaporan kegiatanh. Tindak lanjut layanan










Layanan Penguasaan Konten
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Siswa mendapat ketrampilan perilaku barud. Melakukan evaluasi hasil dan prosese. Pelaporan kegiatan








Layanan Penempatan dan Penyaluran
a. Membuat proposal program/satlan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Membuat dan/atau menggunakan angketd. Menggunakan tes (IQ, bakat,TPA) tstandar e. Melakukan anĂ¡lisis hasil tes atau angketf. Melakukan prediksi/prognosisg. Melakukan tindak lanjut kepada siswah.
Siswa dapat menganalisis kekuatan/kelemahan
i. Melakukan sosialisasi hasil tes atau angket kepada stake holder  j. Membuat evaluasi hasil dan prosesk. Pelaporan kegiatanl. 








Layanan Konseling Individual
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melakukan identifikasi konseli dan masalahnyac. Menggunakan teori/teknik konseling tertentu dan atau eklektik d. Melaksanakan langkah sistematis (awal, inti, akhir)e. Menggunakan ketrampilan dasar konselingf. Menggunakan mediag. Melakukan pencatatan perubahan perilakuh. Pelaporan kegiatani








Layanan Konseling Kelompok/Konseling Sebaya
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melakukan identifikasi konseli dan masalahnyac. Membentuk kelompok yang terdiri dari 10-12 siswa d. Menggunakan teori/teknik konseling tertentu dan atau eklektik e. Melaksanakan langkah sistematis (awal, inti, akhir)f. Menggunakan ketrampilan pemimpin kelompok g. Menggunakan ketrampilan dasar konselingh. Menggunakan mediai. Melakukan pencatatan perubahan perilaku









Layanan Bimbingan Kelompok 
a. Berpijak pada satuan layanan b. Membentuk kelompok yang terdiri dari 10-15 siswac. Melaksanakan langkah sistematis (awal, inti, akhir)d. Menggunakan ketrampilan pemimpin kelompok e. Memberikan topik bebas/tugasf. Siswa mengalami perubahan perilakug. Melakukan evaluasi hasil dan prosesh. Pelaporan kegiatani.








. Laporan, Evaluasi dan Tindak Lanjut
1. Guru Pembimbing membuat Laporan Bulanan yang dilaporkankepada Kepala Sekolah.2. Laporan bulanan disertai dengan evaluasi program per-tri wulan3. Guru Pembimbing dapat merevisi dan mengembangkan programBK sesuai hasil evaluasi (tindak lanjut program)4. Guru Pembimbing membuat Laporan Bulanan tetapi tidak dilaporkan pada Kasek.5. Guru Pembimbing menyampaikan Laporan Bulanan secara lisankepada Kepala Sekolah6. Guru Pembimbing tidak pernah membuat laporan bulanan danevaluasinya..








Kebermanfaat hasil Layanan Konseling
1. Hasil layanan konseling bermanfaat bagi konseli didukung oleh pernyataan konseli (terdokumentasikan)2. Hasil layanan konseling mendukung program-program sekolah (ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari sekolah)3. Layanan konseling dapat memfasilitasi perkembangan siswa (ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari orang tua, guru, atau KepalaSekolah)








Pengembangan Profesi
1. Guru Pembimbing selalu mengembangkan wawasan melaluiDiklat/workshop/seminar 2. Guru Pembimbing menjadi pengurus MGBK tingkat Kota TangSel3. Guru Pembimbing menjadi pengurus ABKIN tingkat Kota TangSel/Propinsi







Format Penilaian Kinerja Pembimbing

0 komentar:

Poskan Komentar