JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Makalah Proposal BK 2012

Makalah Proposal BK 2012

 KAMI MEMBUKA JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294

MELAYANI DAN MEMUDAHKAN ANDA ;    

SKRIPSI BP/BK KLIK DISINI
PTK BP/BK KLIK DISINI
ADMINISTRASI KLIK
DISINI

BAB I
PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang
Setiap orang sepakat bahwa pendidikan adalah investasi hidup yang paling berharga. Melalui pendidikanlah upaya mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan berkemampuan tinggi akan dapat dicapai. Sebagaimana diamanatkan dalam UUSPN No. 20 Tahun 2003 bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Salah satu yang tersurat secara implisit dalam penyelenggaraan pendidikan menurut UUSPN yaitu melalui kegiatan bimbingan yang lazim dikenal dengan istilah Bimbingan dan konseling. Keberadaan Bimbingan dan Konseling di sekolah memberikan dampak positif yang amat besar terhadap perkembangan pendidikan dan pribadi siswa, hal ini mengingat banyaknya permasalahan belajar yang dialami siswa.  (Ahmadi, Abu & Supriono,Widodo. 2004 : 16) mengemukakan permasalahan belajar yang dihadapi siswa antara lain:
 1. Siswa mengalami kesulitan dalam mempersiapkan kondisi fisik dan  psikisnya.
 2. Siswa tidak dapat mempersiapkan bahan dan peralatan sekolahnya.
 3. Sarana dan prasarana di perpustakaan kurang menunjang.
 4. Peralatan di laboratorium kurang lengkap, sehingga tidak dapat  memberikan pelayanan yang sesuai dengan pelajaran.
 5. Siswa tidak mempunyai keberanian untuk menyampaikan pertanyaan atau  pernyataan dalam proses pembelajaran.
 6. Siswa sering melanggar kedisiplinan kehadiran di sekolah, misalnya sering datang terlambat, sering tidak masuk sekolah, berbicara kotor, /over acting/ ketika belajar.
 7. Malas mencatat mata pelajaran.
 8. Tidak menindak lanjuti proses belajar mengajar.
 9. Tidak bergairah atau termotivasi dalam belajar.
10. Siswa tidak melaksanakan belajar, dan diskusi kelompok.
11. Tidak bergairah dalam melaksanakan tugas atau latihan mata pelajaran.
12. Siswa malas berkonsultasi dengan guru.
 Dalam praktiknya penanganan masalah-masalah siswa di atas dalam kerangka bimbingan dan konseling diselesaikan melalui konseling individu maupun konseling kelompok. Berbagai teori dikemukakan oleh para ahli mengenai pendekatan atau teknik yang digunakan oleh konselor ketika proses konseling berlangsung.
Pada dasarnya pendekatan/teknik konseling itu dibagi tiga (Moh. Surya : 1988). yaitu :  teknik konseling direktif, non-direktif dan Eklektif. Teknik  Konseling Eklektif  merupakan penggabungan dua teknik Konseling Direktif dan Non Direktif Peneliti memadukan kebaikan dua teknik konseling tersebut, mengembangkan dan menerapkan dalam praktek sesuai dengan permasalahan belajar siswa dengan berorientasi pada teknik hubungan antara konselor dengan klien yaitu Teknik Eklektif dengan Perilaku Attending, yang dalam hal ini dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul “Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Kelas IX Semester 2 Melalui Konseling Eklektik Dengan Perilaku Attending di SMP Negeri ………… tahun Pelajaran 2010/2011”
 B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, masalah-masalah identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
 1.    Prestasi belajar rendah,
 2.    Kurang minat belajar,
 3.    Pelanggaran tata tertib,
 4. Membolos, sering terlambat, bertengkar, sulit beradaptasi, pemalu, penakut, menyendiri, berbicara kotor, dan berperilaku kasar
 C. Batasan Masalah dan Rumusan Masalah
Batasan masalah dalam PTK ini yaitu :
 1. Bagaimanakah pengaruh teknik Konseling Eklektif dengan PerilakuAttending dalam mengatasi permasalahan siswa?
 2. Bagaimanakah pengaruh teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending guru selaku konselor dalam peningkatan prestasi siswa
Pemecahan masalah yang dilakukan guru berupa tindakan :
 1. Langkah-langkah konseling dengan Perilaku Attending
 2. Pengentasan permasalahan siswa
 3. Peningkatan hasil prestasi siswa
 4. Mengamati pengaruh konseling Eklektif dengan Perilaku Attending  terhadap gairah belajar siswa dan prestasi belajar siswa.

 D. Tujuan Penelitian
     1. Tujuan Teoritik
Tujuan teoritik penelitia tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik  konseling Eklektif dengan penbdekatan attending dalam peningkatan semangat belajar, tanggung jawab siswa sebagai pelajar, mengentaskan permasalahan belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan guru untuk membimbing siswa.
 2. Tujuan Praktis
     1. Membangkitkan semangat siswa untuk belajar
     2. Mengatasi permasalahan siswa
     3. Meningkatkan partisifasi siswa dalam pembelajaran
     4. Meningkatkan prestasi belajar siswa
     5. Meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing siswa

E. Manfaat Hasil Penelitian
1. Bagi Siswa
a.   Membangkitkan semangat, partisifasi, peran siswa dalam belajar
b.   Mengatasi permasalahan pribadi dan teman
c.   Meningkatkan harga diri siswa yang bermasalah/klien
d. Menciptakan suasana aman, mempermudah ekspresi perasaan siswa yang bermasalah/klien dengan bebas
e. Memberikan dampak positif yang amat besar terhadap perkembangan pendidikan dan pribadi siswa; baik melalui konseling individual maupun konseling kelompok yang dilaksanakan di kelas.

 2. Bagi Peneliti
    memberikan pemahaman pengaruh Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending terhadap pengentasan permasalahan, juga memberikan sumbangan penyempurnaan praktek karena penelitian tindakan kelas ini  menghasilkan deskripsi dan analisis tentang kegiatan, proses, atau   peristiwa-peristiwa penting dalam bimbingan konseling.

3.   Bagi guru
    menjadi cermin menginstropeksikan diri berkenaan dengan tugas guru dalam membimbing siswa di kelasnya.
 4. Bagi pengambil kebijakan khususnya yang terkait dengan pembelajaran di tingkat SMP
Hasil penelitian tindakan kelas ini memberi sumbangan bagi   perumusan, implementasi dan perubahan kebijakan; sebagai upaya perbaikan sistem bimbingan konseling guna peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan pendidikan di sekolah dasar.
 
BAB II
KAJIAN TEORI
  1. Pengertian Prestasi Belajar
Untuk memahami apa yang dimaksud dengan prestasi belajar, tentu mudah memberikan jawaban dengan begitu saja, mengingat bayak komponen dan faktor yang ikut melatarbelakanginya. Ada faktor yang berasal dari luar diri siswa, dan ada pula yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu faktor psikologis dan pisiologi. Meskipun demikan tidak mengurangi makna ungkapan diatas, dan untuk lebih memudahkan dalam memehami pengertian prestasi belajar, berbagai faktor yang terlibat dalam proses belajar dan akhirnya mengemukakan tentang prestasi belajar tersebut.

1). Pengertian Belajar
Skinner mengartikan belajar sebagai suatu proses adaptasi perilaku secara progresif. (Nana S, dan M. Surya, 1975 : 59). Sedangkan Prandsen  (1957 : 43) memberikan batasan belajar sebagai :…….. a change in experience or behavior resulting from purposeful observation, over activity, or thingking, and accompairid by motivational-emosional reactions, which results in more adequate satisfaction of the motivating conditions (Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku atau pengalaman sebagai akibat dari perhatian terhadap tujuan atas kegiatannya, atau hasil berpikir dan disertai dengan dorongan dan reaksi emosi, sebagai akibat dari kepuasan yang memadai dari kondosi dorongannya.
Abin Syamsudin (2003 : 134) merangkumkan pengertian belajar dari beberapa ahli dalam satu pernyataan yakni suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang.Pengertian belajar dapat disimpulkan :
a) Belajar adalah memperolehperubahan tingkah laku
b) Hasil belajar ditandai dengan perubahan seluruh aspek tingkah laku
c) Belajar merupakan suatu proses
d) Proses belajar terjadi karena adanya dorongan dan tujuan yang akan dicapai
e) Belajar merupakan suatu bentuk pengalaman.

2). Faktor-faktor yang terlibat dalam proses belajar
Pada dasarnya kehidupan sekolah tidak ubahnya dengan kehidupan sosial yang sangat luas. Sekolah merupakan miniatur kehidupan sosial. Para siswa yang belajar berusaha mempersiapkan diri untuk memasuki kehidupan sosial secara matang. Interaksi antara sejumlah individu dalam lingkungan sekolah, juga terlibatnya lingkungan sekitar, sehingga mewujudkan kondisi yang amat kompleks dalam proses belajar mengajar di sekolah. Faktor-faktor dalam diri murid (intern) dan faktor yang datang dari luar (extern) secara bersama-sama turut mempengaruhi kegiatan belajar murid yang hasilnya tercermin dalam perubahan pola-pola perilaku mereka.
Ada tiga masukan (input) yang secara sendiri-sendiri atau bersama-sama turut mempengaruhi kegiatan belajar siswa. Pertama masukan mentah /(raw input),/ yakni berbagai karakteristik yang dimiliki oleh individu atau siswa ketika memasuki suatu kegiatan belajar mengajar, berbagai karakteristik yang mencakup baik yang akan memberikan kemudahan atau merupakan kendala dalam belajar sisa. Siswa sebagai raw input mempunyai pembawaan yang beraneka ragam. Sebagai mahluk individual tentunya banyak hal yang berbeda, misalnya : kapasitas dasar bakat mempengaruhi proses serta hasil belajar yang dicapai. Kedua masukan instrumental atau sarana /(Instrumental input)./ Yakni merupakan berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, Ketiga masukan lingkungan /(environmental input)/ yakni letak sekolah, situasi dan keadaan fisik sekolah, susunan sekolah, hubungan antar individu di dalamnya dan faktor-faktor yang dapat menjadi penunjang atau penghambat bagi berlangsungnya PBM secaraberhasil.
Interaksi ketiga masukan tersebut dapat mempengaruhi keluaran yang diharapkan (/expected output/) yaitu berupa hasil belajar para siswa. Bloom dan kawan-kawan membedakan hasil belajar yang diharapkan itu berdasarkan atas kawasan (taxonomy), mulai yang paling sederhana sampai yang paling kompleks. Ketiga kawasan keprilakuan manusia itu ialah kawasan kognitif (/cognitive domain/), kawasan afektif (/affective domain/), dan kawasan psikomotorik (/psychomotorik domain/).

3). Prestasi Belajar
Prestasi belajar (/achevoment/) dapat diketahui dengan mengevaluasi mereka dengan mempergunakan tes tertentu. Dengan demikian, bagan tadi menunjukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah.

B. Starategi Dasar Layanan Bimbingan di SMP
Pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah/madrasah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Pelayanan Bimbingan dan Konseling memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara individual, kelompok dan atau klasikal, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang-peluang yang dimiliki. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik.

1. Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar, dan perencanaan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.

2.  Bidang Pelayanan Bimbingan dan Konseling
Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.
Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

3. Fungsi Bimbingan dan Konseling
 1. Pemahaman, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memahami diri dan  lingkungannya.
 2. Pencegahan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mampu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya.
 3.  Pengentasan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mengatasi masalah yang dialaminya.
 4. Pemeliharaan dan pengembangan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memelihara dan menumbuh-kembangkan berbagai potensi dan kondisi positif yang dimilikinya.
 5. Advokasi, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memperoleh  pembelaan atas hak dan atau kepentingannya yang kurang mendapat  perhatian.
4. Teknik Konseling
1). Konseling Eklektik
Teknik Konseling Eklektik merupakan penggabungan dua pendekatan Direktif dan Non-Direktif. Konseling Eklektik yang mengambil berbagai kebaikan dari dua kebaikan dari dua pendekatan atau dari berbagai teori konseling, mengembangkan dan menerapkan dalam praktek sesuai dengan permasalahan klien. Konseling Eklektik lebih tepat dan sesuai dengan filsafat tujuan bimbingan dan konseling dari pada sikap yang hanya mengandalkan satu pendekatan  satu pendekatan atau satu dua teori tertentu saja (Moh. Surya : 1988).



a. Konseling Direktif
Dalam konseling direktif klien bersifat pasif, dan yang aktif adalah konselor. Dengan demikian inisiatif dan peranan utama pemecahan masalah lebih banyak ditentukan oleh konselor. Klien bersifat menerima perlakuan dan lebih banyak ditentukan oleh konselor. Dalam konseling direktif diperlukan data yag lengkap dengan klien untuk dipergunakan diagnosis. Diagnosis direktif konseling beraliran Behavioristik, yaitu layanan konseling yang berorientasi pada perubahan tingkah laku secara langsung. Selain itu diperlukan konseling secara individual, dan kelompok pada,bimbingan konsultasi lainnya yang memberikan sumbangan langsung kepada keberhasilan siswa sekolah maupun di luar sekolah. Laporan tersebut secara langsung dibenarkan dan mendapat dukungan hasil diagnosis yang pada umumnya berbentuk kegiatan yang langsung ditujukan pada pengubahan tingkah laku klien.

b. Konseling Non-Direktif
Teknik konseling Non-Direktif, tersebut juga /Client Centered theraphy,/pendekatan ini diperoleh oleh Carl Rongers dan Universitas Wiconsin di Amerika Serikat. Merupakan upaya bantuan pemecahan masalah yang berpusat pada klien, klien diberi kesempatan untuk mengemukakan persoalan, perasaan dan pikiran-pikirannya secara bebas. Pendekatan ini berasumsi dasar bahwa  seseorang yang mempunyai masalah sendiri. Tetapi oleh karena suatu hambatan, potensi dan kemampuannya itu tidak dapat berkembang atau berfungsi sebagaimana mestinya.
Untuk memfungsikan kembali kemampuannya klien memerlukan bantuan, maka dalam konseling, inisiatif dan peranan untama terletak pada pundak klien sendiri. Sedangkan kewajiban dan peran konselor hanya mempersiapkan suasana agar potensi dan kemampuan yang pada dasarnya ada pada klien untuk berkembang secara optimal, menciptakan hubungan konseling yang hangat, dan permisif. Menurut Roger menjadi tanggung jawab klien sendiri untuk membantu dirinya sendiri. Prinsip yang penting adalah mengupayakan agar dengan baik. Teori ini didasari kajejat manusia, dan tingkah lakunya : pendekatan konseling beraliran Humanistik (Sofyan. S. Willis, 2004 : 176). Aliran ini menekankan pentingnyapengembangan potensi dan kemampuan yang secara hakiki ada pada diri setiap individu. Potensi dan kemampuan yang berkembang menjadi penggerak bagi upaya individu untuk mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

 5. Perilaku Attending
Perilaku Attending , (teknik menghadapi klien) melalui kontak mata, bahwa badan, bahasa lisan, sehingga klien akan terlihat dalam pembicaraan terbuka. Attending baik untuk meningkatkan harga diri klien yang bebas. Perlu dihindari konselor berpenampilan attending yang kurang baik seperti: kepala kaku, muka kaku, ekspresi melalun, mengalihkan pandangan, tidak terlihat saat klien sedang bicara, mata melotot. Posisi tubuh bersandar miring, tegak kaku, jarang duduk, jarak duduk menjauh, duduk kurang akrab, dan berpaling. Memutuskan pembicaraan, berbicara terus tanpa ada teknik dim untuk memberi kesempatan klien guna berpikir dan berbicara. Penelitian konselor terpecah, mudah buyar oleh gangguan (Sofyan. S. Willis, 2004 : 176).
Perilaku attending disebut juga perilaku menghampiri klien yang mencakup komponen kontak mata, bahasa tubuh, dan bahasa lisan. Perilaku attending yang baik dapat:
 1. Meningkatkan harga diri klien.
 2. Menciptakan suasana yang aman
 3. Mempermudah ekspresi perasaan klien dengan bebas.
Contoh perilaku attending yang baik :
  * Kepala : melakukan anggukan jika setuju
  * Ekspresi wajah : tenang, ceria, senyum
  * Posisi tubuh : agak condong ke arah klien, jarak antara konselor dengan klien agak dekat, duduk akrab berhadapan atau berdampingan.
  * Tangan : variasi gerakan tangan/lengan spontan berubah-ubah,  menggunakan tangan sebagai isyarat, menggunakan tangan untuk    menekankan ucapan.
  * Mendengarkan : aktif penuh perhatian, menunggu ucapan klien hingga selesai, diam (menanti saat kesempatan bereaksi), perhatian terarah   pada lawan bicara.
Contoh perilaku attending yang tidak baik :
  *   Kepala : kaku
  * Muka : kaku, ekspresi melamun, mengalihkan pandangan, tidak melihat  saat klien sedang bicara, mata melotot.
  * Posisi tubuh : tegak kaku, bersandar, miring, jarak duduk dengan  klien menjauh, duduk kurang akrab dan berpaling.
  * Memutuskan pembicaraan, berbicara terus tanpa ada teknik diam untuk  memberi kesempatan klien berfikir dan berbicara.
  * Perhatian : terpecah, mudah buyar oleh gangguan luar.
 

 BAB III
METODE PENELITIAN
 A. Objek Tindakan
Objek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri ………….berjumlah 28 siswa dengan rincian 11 laki-laki dan 17 perempuan.

 B. Setting, Lokasi, Subjek Penelitian
Subjek penelitian tindakan kelas ini meliputi : data-data hasil wawancara terhadap responden, sumber data peristiwa : hasil observasi, hasil analisis dokumen, artifak yang berasal dari siswa/klien maupun dari guru/konselor dan peneliti.
Subjek penelitian yang berasal dari siswa berupa hasil pengamatan tentang :
 1. Partisipasi dalam belajar, bekerja sama, berani bertanya
 2. Tidak berbicara kotor, tidak bertengkar
 3. Berani berpendapat, membuka diri, berterus terang
 4. Cerita, gembira, menerima nasihat, merencanakan tindakan
Guru/konselor dalam kegiatan bimbingan konseling berupa :
 1. Mengamati, mencatat, mengumpulkan data tentang sejauh manakah pengaruh bimbingan konseling menggunakan teknik attending Eklektik terhadap gairah belajar siswa dan prestasi belajar siswa
 2.   Tercapainya tujuan pokok bimbingan konseling
 3. Guru selaku konselor dalam attending selalu berupaya untuk  berpenampilan baik, seperti: kepala mengangguk jika setuju dan melakukan kontak pandang dengan siswa/klien
 4.  Ekspresi wajah guru/konselor tenag, ceria, tersenyum
 5. Posisi tubuh konselor agak condong kearah klien, jarak dekat, duduk   akan berhadapan atau berdampingan
 6. Tangan konselor bervariasi melakukan gerakan tangan/lengan spontans berubah arah sebagai syarat menekankan ucapan
 7. Kesabaran mendengarkan, aktif penuh perhatian, menunggu ucapan klien hingga selesai.
 8. Empati ikut merasakan apa yang dirasakan klien
 9. Merefleksi/pematulan kembali perasaan, pikiran pengalaman klien
10. Directing/mengarahkan klien
11. Paraphasing/dapat menangkap pesan utama klien
12. Interprestasi/berupaya megulas pemikiran, perasaan, perilaku yang  merujuk pada teori
13. Bertanya membuka percakapan dan menyampaikan pertanyaan tertutup  terhadap klien
14. Minimal Encouragment atau memberikan dorongan langsung terhadap apa  yang dikatakan klien
15. Bertindak sebagai leading/memimpin arah pembicaraan
16. Penyimpulan sementara/Summariing
17. Memberi kesempatan kepada klien untuk feed back/mengambil kilah baik  dari hal-hal yang telah dibicarakan
18. Penyimpulan hasil secara bertahap guna meningkatkan kualitas diskusi
19. Pemberian nasehat, informasi dan merencanakan tindakan selanjutnya
Setting Lokasi Penelitian tindakan Kelas ini ruang kelas IX dan ruang guru BP SMP Negeri 1 ………….. Kabupaten ………….

C. Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan melalui, yaitu : wawancara untuk sumber data responden, observasi untuk sumber data perietiwa dan analisis dokumen untuk sumber data dokumen. Informasi tersebut digali dari empat sumber yaitu : peristiwa/kegiatan, pelaku peristiwa, tempat, dokumen/artifak (Sutopo, 1996: 49-51).
1. Wawancara
Wawancara dilakukan oleh peneliti terhadap guru (selaku konselor) dan siswa. Tujuannya adalah ntuk memperoleh data informasi untuk pemahaman, penerapan dan pentingnya bimbingan kelompok dan pendekatan konseling Eklektif guna mengatasi permasalahan belajar.
2. Pengamatan/Observasi
Pengamatan akan dilakukan terhadap konselor dan siswa untuk memantau proses dan danpak penanganan masalah belajar melalui pendekatan Eklektik Attending dalam penggunaan permasalah belajar siswa teknik pengamatan yang akan digunakan adalah pengamatan berperan secara aktif sebagaimana dikemukakan oleh Spradley (1980) ditulis kembali Joko Nurkamto (2003 : 12) berperan aktif di dalam pengertian kegiatan alih tangan konselor kepala sekolah. Kemudian hasil pengamatan akan dipergunakan guna menata langkah-langkah perbaikan pada siklus berikutnya.
3. Analisa Dokumen
Analisa dokumen akan dilakukan terhadap dokumen-dokumen : data hasil pengamatan, data hasil wawancara serta yang digali dari empat sumber yaitu : peristiwa / kegiatan, pelaku peristiwa, tempat, dokumen atau artifak terhadap guru dan siswa, juga dari catatan lapangan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam upaya penanganan permasalahan belajar siswa. Tujuannya adalah untuk melengkapi informasi yang telah diuperoleh melalui pengamatan dan wawancara.
Indikator kinerja penelitian tindakan kelas bimbingan konseling berupa :
 1. Permasalahan siswa dapat teratasi
 2. Bangkitnya semangat siswa untuk belajar
 3. Partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat
 4. Peningkatan prestasi belajar siswa
 5. Peningkatan kemampuan guru membimbing siswa
Peneliti melakukan persiapan awal mulai tanggal 1 Agustus 2010 meliputi kegiatan: mengadakan kontak awal dan kesepakatan denga reponden, guna membangun mempertahankan kepercayaan, serta memilih informasi (Sugiharto, 2005: 43).
Kemudian langkah-langkah prosedur kerja yang dipergunakan menggunakan tahapan-tahapan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, implementasi, observasi, evaluasi dan refleksi. (jadwal penelitian terlampir)
a. Perencanaan
Mendiagnosis permasalahan belajar siswa, penyebabnya dan dirumuskan implementasi penanganannya termasuk dalam perencanaan langkah-langkah bimbingan konseling menggunakan Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending : analisa data tentang klien, diagnosis masalah diagnosis masalah prognosis atau prediksi tentang perkembangan masalah selanjutnya, pemecahan masalah, dan tindak lanjut dan peninjauan hasil-hasil konseling begitu juga perencanaan pembentukan bimbingan individual terhadap tiga orang siswa berdasarkan permasalahan yang sama (kebiasaan buruk dalam belajar, berbicara kotor, dan bertengkar) serta merencanakan instrumen pengamatan danwawancara.
b. Implementasi
Pada implementasi guru menyusun pelaksanaan bimbingan konseling menggunakan Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending, guru mengamati penanganan permasalahan belajar siswa yang terdiri dari tahapan :
c. Observasi dan Evaluasi
Peneliti dan rekan guru berkolaborasi untuk melakukan pengamatan, jalannya bimbingan kelompok melalui Teknik Eklektif, Perilaku Attending,respon siswa, hasil pengamatan dan wawancara.
d. Refleksi
Mendiskusikan hasil pengamatan dan wawancara untuk perbaikan pada pelaksanaan siklus II; demikian pula hasil pelaksanaan pengamatan dan wawancara siklus II untuk perbaikan pada siklus III.
D. Metode Analisis Data
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Sprandley, dalam pelaksanaan analisis data  tidak silakukan secara linier berurutan setelah semua data yang terkumpul, melainkan akan dilakukan secara stimulat pada saat dan setelah data terkumpul. Dengan demikian terjadi interaksi antara proses pengumpulan data dan analisis data serta elemen-elemen lain seperti pencatatan data, penulisan laporan sementara, dan mengajukan pertanyaan penelitian.
Interaksi berbagai elemen tersebut membentuk pola siklikal. Selanjutnya data-data yang didapat pada siklus I, II, dan III dibandingkan kemudian diungkapkan dalam bentuk kata-kata. Penjelasan perbandingan sebagai fenomena yang dapat digunakan untuk membandingkan, tolak ukur dan merefleksi peneliti dan guru selaku konselor atas kelmahan yang terekam. Selanjutnya data yang disajikan, berupa tabel yang memuat secara nominal dan dapat ditentukan 5-nya kemudian didiskripsikan kearah kecenderungan tindakan guru selaku konselor dan sekasinya dalam bentuk partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar menunjukan semangat, berpartisifasi aktif, bekerja sama, berani bertanya, tidak berbicara kotor, tidak bertengkar, berani berpendapat, membuka diri, berterus terang, ceria, gembira, menerima naehat, dan merencanakan tindakan.
Selanjutnya dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan strategi untuk meningkatkan validasi, yaitu: Pengumpulan data relatif cukup lama guna memungkinkan analisa dan melengkapi data secara berangsur-angsur agar memungkinkan ada kesesuaian antara taman dan kenyataan
 1.  Penerapan multi metode guna memungkinkan paduan beberapa teknik  pengumpulan  data seperti : wawancara, observasi, studi dokumenter,  dan sumber (Kepala Sekolah, guru/konselor, siswa / klien) hanya dalam pengumpulan dan analisis data (triangulasi)
 2.   Pencatatan secara lengkap dan detail baik sumber situasi maupun orang
 3.   Bahasa partisipan kata demi katamendapat rumusan dan kutipan yang rinci
 4. Penggunaan catatan-catatan dari partisipan berbentuk catatan anekdot untuk melengkapi
 5.   Pengecekan data oleh semua anggota selama pengumpulan dan analisis data
 6.  Data deskriftif yang dikumpulkan peneliti dan guru merupakan hasil    kolaborasi tim
 7. Review oleh partisipan : bertanya kepada partisipan untuk mereview data, melakukan sintesis semua hasil wawancara dan observasi
 8. Mencari, mencatat, menganalisis melapor data dan kasus-kasus negatif atau yang berbeda dengan pola yang ada

Bahkan untuk meningkatkan refleksitas dalam pengumpulan data, peneliti menggabungkan beberapa cara;
1)  Memilih teman yang dapat membantu mempermudah analisis dan interprestasi data
2) Membuat catatan harian yang memuat tanggal, jam, tempat, orang dan kegiatan, perubahan-perubahan dan perkiraan validitas data,
3) Catatan tentang pertentangan etika, keputusan dan tindakan dalam jurnal lapangan
4) Teknik pengelolaan pencatatan, pengkodean data, pengelompoka
5) Melakukan kegiatan kompirmasi formal seperti, kelompok utama, wawancara,
6) Melakukan kritik dari dengan mengajukan pertanyaan tentang peranan dan kegiatan dalam seluruh proses penelitian tindakan kelas tersebut.

E. Cara Pengambilan Kesimpulan
Hasil pengumpulan data, pemeriksaan keabsahan data yang diperoleh peneliti guru selaku konselor melalui ketekunan pengamatan, perpanjangan dan guru selaku konselor melalui ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi, dan review informan sebagai kunci dalam penelitian tindakan kelas siklus I, II, dan III selanjutnya dipergunakan peneliti dan guru untuk mengambil keputusan. Teknik Eklektif dan Perilaku Attending dinyatakan efektif dalam menangani dan mengentaskan permasalahan siswamanakala data /Hasil Observasi Kegiatan guru dan Data Hasil Observasi Kepribadian Siswa /yang merekam dalam tabel menunjukan rata-rata > 60 % dan data hasil wawancara menunjukan respon positif dan cocok dengan kajian pustaka. Perilaku Attending terbukti efektif apabila dalam kegiatan tindakan kelas ini permasalahan siswa dapat diatasi, siswa bersemangat, berpartisipasi aktif, bekerja sama, berani bertanya, tidak berbicara kotor, tidak bertengkar, berani berpendapat, membuka diri, berterus terang, ceria, gembira, menerima nasehat dan merencanakan tindakan. Kemudian muncul pengaruh peningkatan kemampuan guru dalam membimbing siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.

 DAFTAR PUSTAKA

Abin Syamsudin Makmun (2003). /Pedoman Studi Psikologi Pendidikan./ IKIP Bandung

Ahmadi, Abu & Supriono, Widodo. (2004). /Belajar dan Menifestasinya.
/Bandung : Rajawali

Depdiknas (2003). /Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun
2003. /Jakarta : Depdiknas

H.M. Arifin. (2003). /Teori-Teori Konseling Agama dan Umum/. Jakarta :
PT Golden Terayon Press.

Ketut Sukardi (1983). /Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah.
/Surabaya : Usaha Nasional

Nana Syaodih dan Moh. Surya (1998). /Pengantar Psycologi Jihad I.
/Bandung : FIP IKIP Bandung

Moh. Surya (1988). /Psikologi Pendidikan. /Bandung : FIP IKIP Bandung.

Prayitno, dkk (1999). /Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling./ Jakarta :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Rhineka Cipta

Sadirman, A.M (1998). /Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar; Pedoman
Bagi Guru dan Calon Guru. /Bandung : Rajawali

Suharjono (1995). /Direktorat Pendidikan Guru dan tenaga Teknis.
/Jakarta : Dikdasmen

Sugiharto.(2005). /Pendekatan dalam Konseling/ (Makalah). Jakarta : PPPG

Sutopo (1996). /Metode Pengumpulan Data. /Surabaya : Usaha Nasional

Wakiri H, dkk (1990). /Materi Pokok Penilaian Pencapaian Hasil Belajar.
/UT : PMAK 817 Karunia Jakarta

Wilis, Sofyan, S (2004). /Konseling Individual Teori dan Praktek.
/Jakarta : Alfa Beta

Makalah Proposal BK 2012

0 komentar:

Posting Komentar