Contoh PTK IPS UNTUK SMP
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
A. Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengembangan diri, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dimiliki dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Namun demikian sampai saat ini dunia pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan merupakan seperangkat fakta yang harus dihafal. Guru adalah ujung tombak dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kelas sebagian besar masih berfokus pada guru sebagai sumber pengetahuan yang utama, dan ceramah menjadi pilihan utama dalam strategi pembelajaran. Itulah kenyataan yang dihadapi oleh sebagian besar guru IPS. Materi pelajarannya yang kompleks, sering dianggap sebagai pelajaran yang mudah tapi susah, bersifat hafalan dan membosankan, sehingga menyebabkan rendahnya perhatian dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya perhatian siswa pada mata pelajaran IPS, ditambah dengan strategi pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan rendahnya prestasi siswa. Kondisi yang demikian terjadi pula di SMP Negeri 1 Peukan Pidie. Hasil belajar siswa kelas IX-2 terhadap mata pelajaran IPS selama ini masih rendah karena nilai ulangan mereka tidak sampai 60% yang bisa mencapai nilai KKM. Sementara kegiatan pengajaran dikatakan berhasil apabila 85% siswa dikelas itu dapat mencapai KKM. Hal itu menandakan bahwa pembelajaran IPS kurang menarik, karena guru masih menggunakan menggunakan model pembelajaran yang kurang merangsang siswa untuk belajar lebih giat, dan proses pembelajaran masih menekankan pada aspek pengetahuan saja, belum menyentuh pada sikap dan kreatifitas siswa, karena guru kurang melibatkan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran. Selama ini dalam kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah yang diterapkan secara murni, sehingga siswa merasa tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Siswa seolah-olah hanya diharuskan untuk menghafal fakta-fakta, sehingga siswa merasa bosan dan kurang berminat terhadap kegiatan pembelajaran. Keadaan yang demikian ternyata menjadi salah satu fakta yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS ialah dengan menggunakan media pembelajaran berupa teka-teki silang (TTS). Teka-Teki Silang adalah suatu permainan dimana kita harus mengisi ruang-ruang kosong berbentuk kotak putih dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya bisa dibagi kedalam kategori pertanyaan mendatar atau menurun, tergantung pada arah kata-kata yang harus diisi. Pemilihan media teka-teki silang cocok untuk diterapkan pada materi IPS kelas IX-2 semester 2, karena materi-materi tersebut lingkupnya luas dan bersifat hafalan sehingga tidak efektif bila dilakukan pembelajaran dengan metode ceramah ataupun diskusi. Dengan menggunakan media ini diharapkan akan dapat menumbuhkan perhatian siswa terhadap mata pelajaran IPS, karena siswa akan aktif mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang harus diselesaikan. Partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran akan dapat meningkatkan hasil belajarnya Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX-2 Dalam Materi Hubungan Manusia Dengan Bumi Mata Pelajaran IPS Dengan Memanfaatkan Media Teka-teki Silang Pada SMP Negeri XYZ” B. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : "Apakah dengan memanfaatkan media teka-teki silang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-2 dalam materi hubungan manusia dengan bumi mata pelajaran IPS pada SMP Negeri XYZ?" C. Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-2 dalam materi hubungan manusia dengan bumi mata pelajaran IPS dengan memanfaatkan media teka-teki silang pada SMP Negeri XYZ. D. Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi : Sekolah Menjadi masukan dalam upaya perbaikan mutu pembelajaran bagi guru terutama dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang ingin disampaikan. Guru a. Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. b. Menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Siswa a. Meningkatkan prestasi belajar siswa. b. Melatih siswa untuk berpartisipasi dan berinteraksi secara aktif dalam peroses pembelajaran baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.
0 komentar:
Posting Komentar