Program Tahunan Bk
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
PROOGRAM
TAHUNAN BIMBINGAN KONSELING
TAHUN 2011/2012
KELAS VII
NO
|
KEGIATAN LAYANAN
|
MATERI BIDANG BIMBINGAN
| |||
PRIBADI
|
SOSIAL
|
BELAJAR
|
KARIER
| ||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
1
|
Layanan Orientasi
|
a. Fasilitas Olahraga (Bola basket, Bola kaki, Bulu Tangkis, Bola Volly, Tenis Meja. b. Sanggar seni Budaya (Yospan) , c. Tempat Ibadah (Masjid,),
|
a. Kegiatan Gotong royong (kerja bakti di sekolah, ling. masyarakat sekitar sekolah, b. Keg. Remaja Masjid, , c. Rapat Pembentukan Pengurus/Org (OSIS, , Pramuka)
|
a. Perpustakaan sekolah, b. Kepustakaan BK, c. Mading BK,d. Sekolah Lanjutan (SMA, SMK).
|
a. Kursus-kursus ketrampilan (BLK, Kursus menjahit, Montir, Komputer dll), b. Perusahaan (Pabrik Kopi Prima, Pmbuatan Ikan Asin, Pengawetan Ikan dll), c. Kantor (Pertanahan, Telkom, Kehutanan, Transmigrasi dll).
|
2
|
Layanan Informasi
|
a. Beribadah kpd Tuhan YME, b. Melatih Kesabaran, c. Mengendalikan Emosi. d. Pertumbuhan dan perk. remaja (fisik dan Psikhis), e. Pengaruh nilai pribadi thd perilaku, f. Anugrah Tuhan, h.
|
a. Merawat Tempat Ibadah, b. Membiasakan hidup sehat, c. Peran sosial pria dan wanita, d. Pengaruh nila-nilai dlm masy.thdp perilaku siswa, e. tanggung jawab siswa thd lingkungan.
|
a. Mengembangkan ilmu agama yang dianutnya, b. Pengaruh teman sebaya dalam belajar, c. Mengendalikan hidup boros.
|
a. Pengembangan bakat danminat, b. Pekerjaan dan bekerja, c. Pekerjaan dan potensi diri.
|
3
|
Layanan Penempatan dan penyaluran
|
a. Posisi tempat duduk di kelas disesuaikan dengan kondisi fisik siswa (Mata Mins + Plus, Tinggi/pendek dll.
|
a. Posisi tempat duduk disesuaikan dengan kondisi pskhis dan emosional siswa di dalam kelas (Agresif, Suka cerita dgn teman dll).
|
a. Pembentukan kelompok belajar antar teman (sesuai tempat tinggal, sesuai tingkat/kelas, sesuai dgn jenis kelamin dll).
|
a. Penyaluran bakat/minat siswa disesuaikan dengan kegiatan yang ada dalam pengembangan diri (Pramuka, PMR, Paskibra).
|
NO
|
KEGIATAN LAYANAN
|
MATERI BIDANG BIMBINGAN
| |||
PRIBADI
|
SOSIAL
|
BELAJAR
|
KARIER
| ||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
4
|
Layanan Penguasaan Konten
|
a. Mengatur jadwal kegiatan sehari-hari (di rumah, di sekolah atau di luar rumah), b. Memanfaatkan waktu senggang, c. Membiasakan diri mengikuti kegiatan keagamaan, d. mampu mengendalikan diri, e. Berfikir dan bersikap positif terhadap sesuatu (Positif thingking), f. Mematuhi segala aturan, norma , adat-istiadat yg berlaku.
|
a. Etika berbicara dgn orang yg berbeda ( Guru, Orang tua, teman, adik dll), b. Penguasaan bidang tertentu (Pidato, Presenter atau pendo’a, menulis cerpen dll), c. Etika menyampaikan pendapat dlm berdiskusi/bermusyawarah, d. Mendengar, memahami dan merespons secara tepat dan positif pendapat orang lain, e. Melihat kebaikan orang lain dan mampu mengekspresikannya dengan baik dan benar. f. Membiasakan
|
a. Menyusun jadwal khusus belajar setiap hari, b. Membiasakan diri bertanya di dlm kelas atau menjawab.c. Meringkas materi pelajaran , d. Menyusun laporan-laporan kegiatan tertentu (Tugas Pelajaran Tertentu/ bebas),
|
a. Menyalurkan bakat , minat dan kegemaran yg mengarah karier tertentu, b. Memelihara fasilitas umum, keluarga, c. Mampu memperbaiki bidang ttt yg bersifat pembelajaran.d. Memahami bakat dan minat serta kemampuan dlm memilih dan menetapkan karier tertentu, e. Mempertimbangkan serta memilih pend. lanjutan yg sesuai dgn bakat dan minat tertentu.
|
5
|
Layanan Konseling Individu.
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Individual (Masalah Pribadi Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Individual (Masalah Sosial Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Individual (Masalah Belajar Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Individual (Masalah Karier Siswa).
|
6
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
a. Masalah kegemaran/Hobi, minat, bakat, b. Kebiasaan dirumah, Kegiatan rutin di rumah, c. Tanggapan thd Narkoba, d. Tanggapan thd HIV/AIDS, e. Tanggapan thd
|
a. Masalah hubungan/pergaulan muda-mudi, b. Masalah hub. guru dan siswa serta personil lainnya, c. Masalah sosial di masyarakat (Demo anarkhis, bentrok antar warga, perkelahian antar pelajar
|
a. Tekhnik belajar sendiri, b. Tekhnik-tekhnik belajar klompok, b. Sikap thd tugas/PR, c. Tanggapan thd fasilitas belajar (Perpustakaan dan laboratorium),
|
a. Masalah pengangguran, b. Masalah bursa kerja, c. Masalah PHK, Masalah TKI/TKW, d. Masalah memilih pekerjaan dan pendidikan lanjutan SMA/SMK.
|
NO
|
KEGIATAN LAYANAN
|
MATERI BIDANG BIMBINGAN
| |||
PRIBADI
|
SOSIAL
|
BELAJAR
|
KARIER
| ||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
Korupsi, f. Tanggapan thd Pembunuhan/Perkosaan dll. g. Sikap thd bencana alam, h. Masalah HAM, i. Masalah Kemiskinan, jdll.
|
d. Peranserta RT/RW dalam lingkunganmasyarakat, e. Masalah toleransi beragama serta solidaritas antar sesama.
|
d. Sikap thd hasil ulangan atau ujian semesteran bahkan kenaikan kelas, e. Sikap menyontek yg dilakukan para siswa dan lain-lain.
|
a. Pekerja anak. b. Gender.
| ||
7
|
Layanan Konseling Kelompok.
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Kelompok (Masalah Pribadi Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Kelompok (Masalah Sosial Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Kelompok (Masalah Belajar Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Konseling Kelompok (Masalah Karier Siswa).
|
8
|
Layanan Konsultasi
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay.Konsultasi (Masalah Pribadi Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay. Konsultasi (Masalah Sosial Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay. Konsultasi (Masalah Belajar Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay.Konsultasi (Masalah Karier Siswa).
|
9
|
Layanan Mediasi
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay.Konsultasi (Masalah Pribadi Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay. Konsultasi (Masalah Sosial Siswa). Masalah sosial ini biasanya yg pertamakali muncul dalam layanan mediasi setelah itu berkembang masalah lain.
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay. Konsultasi (Masalah Belajar Siswa).
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa pada saat pelaksanaan Lay.Konsultasi (Masalah Karier Siswa).
|
NO
|
KEGIATAN LAYANAN
|
MATERI BIDANG BIMBINGAN
| |||
PRIBADI
|
SOSIAL
|
BELAJAR
|
KARIER
| ||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
10
|
Aplikasi Instrumentasi.
|
a. Test Intelegensi, b. Test Bakat, c. Test Minat, d. Inventori Minat Karier, d. Inventori Kreatifitas, e. Inventori Kepribadian, f. Inventori Hubungan Sosial, g. Inventori Tahap perkembangan, h. Sosiometri, i. Alat Ungkap masalah, j. Test Hasil Belajar, k. Daftar Cek Masalah (DCM).
|
a. Sosiometri, b. Inventori Hubungan sosial, c. Daftar Cek Masalah, d. Test Diagnostik.
|
a. Test hasil belajar, b. Inventori Kreatifitas, c. Inventori Tahap Perkembangan ,
|
a. Test Bakat, b. Ttest Minat.
|
11
|
Himpunan Data
|
a. Identitas diri, b. Potensi Dasar (Intelegnsi, Bakat dan minat siswa), c. Identitas keluarga, d. Riwayat Kesehatan, e. Catatan Anekdot, (kejadian Khusus), f. Masalah-masalah pribadi siswa.
|
a. Sosiogram, b. Teman dekat, c. Data hubungan sosial dengan lingkungan masyarakat dan sekolah, c. Masalah-masalah sosial yang lain.
|
a. Nilai-nilai hasil belajar (Nilai harian, Tugas, PR , Mid Test dan Test Akhir Semesteran), b. Data kegiatan belajar, c. Riwayat Pendidikan sebelumnya, d. Masalah-masalah belajar lainnya.
|
a. Pekrjaan Orang tua, b. Bakat, minat karier siswa disesuaikan dgn nilai Mata Pelajaran dan sekolah yg akan dimasuki setelah tamat SMP, c. Masalah-masalah karier lainnya.
|
12
|
Konferensi Kasus
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa setelah ditangani Guru BK dan tidak tuntas serta melibatkan pihak-paihak yang berkompeten.
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa setelah ditangani Guru BK dan tidak tuntas serta melibatkan pihak-paihak yang berkompeten.
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa setelah ditangani Guru BK dan tidak tuntas serta melibatkan pihak-paihak yang berkompeten.
|
Disesuaikan dengan masalah yang dialami siswa setelah ditangani Guru BK dan tidak tuntas serta melibatkan pihak-paihak yang berkompeten.
|
NO
|
KEGIATAN LAYANAN
|
MATERI BIDANG BIMBINGAN
| |||
PRIBADI
|
SOSIAL
|
BELAJAR
|
KARIER
| ||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
13
|
Kunjungan Rumah (Home Visit).
|
Kunjungan ke rumah siswa dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan situasi yang memang tidak ada alternatif lain. Masalah disesuaikan dengan bidang bimbinagan masing-masing.
|
Kunjungan ke rumah siswa dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan situasi yang memang tidak ada alternatif lain. Masalah disesuaikan dengan bidang bimbinagan masing-masing
|
Kunjungan ke rumah siswa dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan situasi yang memang tidak ada alternatif lain. Masalah disesuaikan dengan bidang bimbinagan masing-masing
|
Kunjungan ke rumah siswa dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan situasi yang memang tidak ada alternatif lain. Masalah disesuaikan dengan bidang bimbinagan masing-masing
|
14
|
Tampilan Kepustakaan
|
Materi bacaan, Film, Rekaman CD/DVD tentang Perkembangan Pribadi (Tugas Perkembangan, Kehidupan keagamaan, Bakat, Minat, Motivasi atau Otobiografi orang-orang sukses).
|
Materi bacaan, Film, Rekaman CD/DVD tentang Perkembangan Sosial (Tekhnik –tekhnik pergaulan remaja, Kepemimpinan atau Penanganan Konflik/demo/unjukrasa/perkelahian pelajar dll).
|
Materi bacaan, Film, Rekaman CD/DVD tentang Perkembangan Belajar (Cara-cara belajar effektif dan effesien, Bacaan tentang belajar mandiri di rumah, tekhnik belajar kelompok dll).
|
Materi bacaan, Film, Rekaman CD/DVD tentang Perkembangan Karier (Buku Panduan tentang Sekolah-sekolah lanjutan SMA /SMK, Informasi Karier, Informasi Dunia kerja/Industri, Brosur-brosur tentang perkembangan Dunia kerja).
|
0 komentar:
Posting Komentar