JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

SKRIPSI PTK BELAJAR SISWA (SOSIOLOGI KELAS X)

 SKRIPSI PTK BELAJAR SISWA (SOSIOLOGI KELAS X)


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini


BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar membudayakan manusia atau memanusiakan manusia. Manusia itu sendiri adalah pribadi yang utuh dan pribadi yang kompleks sehingga sulit dipelajari secara tuntas, oleh karena itu, masalah pendidikan tidak akan pernah selesai, sebab hakikat dari manusia itu sendiri selalu berkembang dan mengikuti dinamika kehidupan.
Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Oleh karena itu, manusia merupakan kekuatan sentral dalam pembangunan, sehingga mutu dan sistem pendidikan akan dapat ditentukan keberhasilannya melalui peningkatan motivasi belajar siswa.
Beberapa usaha dalam rangka menciptakan keberhasilan motivasi belajar siswa yang efektif dan kondusif, salah satunya adalah kedekatan dari seorang guru dalam memilih sebuah metode dan pendekatan emosional terhadap siswa. Untuk seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai beberapa metode dan pendekatan emosional yang akan di terapkan saja, tetapi guru juga harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, keterampilan mengajar, pemanfaatan sumber belajar, penguasaan emosional siswa penguasaan kondisi kelas, dan sebagainya.
Oleh karena itu, guru harus bisa mengoptimalkan keaktifan dan motivasi siswa di saat sebuah metode di terapkan. Dengan diaplikasikannya sebuah metode pembelajaran aktif (Active Learning) yang mana metode ini dalam proses belajar mengajar siswa dapat berperan aktif dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
Faktor -faktor yang dapat menentukan keberhasilan dalam peningkatan keaktifan dan motivasi siswa khususnya pada pembelajaran mata pelajaran sosiologi, Faktor tersebut antara lain adalah kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran sosiologi, hal ini dapat dilihat dari kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Pembelajaran yang ada di dalam kelas yang dilakukan oleh guru sosiologi pada umumnya kurang bervariasi dan menggunakan metode yang monoton dalam kegiatan belajar mengajarnya tersebut, penggunaan metode yang sama secara terus menerus akan membuat siswa jenuh dan bosan terhadap mata pelajaran sosiologi.
Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu cara alternatif guna mempelajari sosiologi yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga mendorong siswa untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas. Salah satu alternatif yang bisa dikembangkan adalah dengan penerapan metode everyone is teacher here.
Alternatif pembelajaran sosiologi yang kondusif dengan menggunakan metode Every One Is Teacher Here sudah pernah diteliti sebelumnya oleh Nur Hadi. Dimana, berdasarkan penelitian yang dilaksanakan tersebut menunjukkan hasil pembelajaran pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan metode Everyone Is a Teacher Here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas XI MA Al-Falah. Yang menyatakan bahwa penerapan Strategi Everyone Is a Teacher Here pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Al-Falah adalah termasuk dalam kategori baik, dengan perolehan rata-rata pada dua kali pertemuan adalah 3,69 dan juga terbukti dari hasil prosentase responden sebesar 81,66%. 
Masalah belajar merupakan proses ke arah terbentuknya tingkah laku yang baru. Perbuatan belajar dilakukan manusia sepanjang hidupnya secara terus menerus dan dilakukan berulang-ulang, sehingga terbentuklah kebiasaan belajar, melalui belajar manusia berusaha mengaktualkan potensi dirinya dan juga lingkungan secara optimal.
Suatu proses pembelajaran dapat dikatakan efektif bila seluruh komponen yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan salah satu komponennya.
Maka dari itu untuk mempelajari dan juga memahami isi pelajaran sosiologi melalui metode Everyone Is Teacher Here karena sangat mendukung sekali karena siswa dapat memahami pengertian isi materi sedikit demi sedikit secara rutin yaitu melalui sebuah metode Everyone Is Teacher Here Dimana guru dapat secara langsung menggunakan metode Everyone Is Teacher Here dalam proses belajar mengajar khususnya tentang penguasaan dan juga pemahaman materi. Penggunaan metode Everyone Is Teacher Here sebagai bentuk instruksional pada mata pelajaran sosiologi diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu metode Everyone Is Teacher Here dapat digunakan dengan cara yang relative misalnya dalam proses belajar berlangsung, yaitu guru memberikan kesempatan belajar pada siswa untuk mengajukan pertanyaan atau Tanya jawab yang kemudian dapat dijawab dan dapat langsung diberi nilai. Maka penulis mencoba untuk mengkaji dan juga meneliti pendidikan khususnya berkenaan dengan pemberian motivasi terhadap siswa, untuk itu penulis mengangkat judul : 

 SKRIPSI PTK BELAJAR SISWA (SOSIOLOGI KELAS X)


B. Rumusan Masalah
Sehubungan dengan fenomena diatas, maka ada permasalahan yang akan diajukan dalam penelitian ini yaitu : 
1. Apakah metode Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMAN X ?
2. Bagaimana cara kerja metode Everyone Is Teacher Here dalam motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi ?

C. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui apakah metode Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar di kelas X SMAN X.
2. Untuk mengetahui cara kerja metode Everyone Is Teacher Here sebagai motivasi untuk meningkatkan proses belajar siswa terhadap mata pelajaran Sosiologi. 

D. Manfaat Penelitian
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya untuk meningkatkan pembelajaran sosiologi di SMAN X Khususnya pada kegiatan pengajaran Sosiologi di kelas X SMAN X
Adapun untuk mengetahui secara detail kegunaan-kegunaan tersebut adalah : 
1. Lembaga atau Sekolah
Memberikan masukan pada sekolah yang berkaitan dengan penggunaan metode Everyone Is Teacher Here untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan sebuah pengajaran yang lebih baik sehingga merasa aman dalam proses belajar mengajar.
2. Guru
Penggunaan metode Everyone Is Teacher Here ini sangat diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan keaktifan, kreativitas bagi peserta didik dan juga pemahaman peserta didik sehingga terbentuk proses pembelajaran yang diinginkan atau tercapainya proses kegiatan belajar mengajar yang diharapkan.
3. Siswa
Memberikan pengetahuan, semangat, dorongan serta solusi untuk belajar lebih giat atau lebih aktif lagi dalam setiap mempelajari materi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa terfokus pada pelajaran yang diajarkan oleh guru.
4. Peneliti.
Menambah pengetahuan atau wawasan dalam penggunaan metode Everyone Is Teacher Here sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bahan, latihan dan pengembangan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. 


0 komentar:

Poskan Komentar