JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4 MATERI TENTANG POKOK LAMBANG ATAU SIMBOL

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4 MATERI TENTANG POKOK LAMBANG ATAU SIMBOL



JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :           IV / I
Tema                          :           Peristiwa
Alokasi Waktu           :           4 x 35 menit  

A.    Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

B.     Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
C.      Indikator
  • Menjelaskan secara lisan arti lambang
D.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka. 
§  Siswa dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
§  Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

E.     Materi
§  Lambang 

F.     Kegiatan Pembelajaran 
§  Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Mencatat pokok-pokok penjelasan.
§  Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.
§  Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.

G. Langkah-langkah Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengendalian Diri
Kelas 
Waktu
Penilaian

Pertemuan Pertama dan Kedua
§  Kegiatan Awal
Apersepsi : 
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi  :
     Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
     Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
?  Semua  siswa diminta untuk Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), danperhatian ( respect ),
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan memiliki nilai Kewarganegaraan ( citizenship )
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
?  Semua  siswa diminta untuk Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
F Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas 
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket BSE
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.






Kelompok


Kelompok







Kelompok


Kelompok



Kelompok



Kelompok


Kelompok





Kelompok






Kelompok


Kelo,mpok

Kelo


kelompok

Individu


Kelompok

Kelompok

Kelompok




Individu

Kelompok







Individu


Kelompok

Individu





Individu



Individu



Individu





Individu


Individu




Individu








5 menit









10 menit



































25 menit






































20 menit






























10 menit






































Religius



Rasa ingin tahu



Disiplin






Rasa ingin tahu





Kreatif








Peduli sosial

























Tekun


Gemar membaca


Tanggung jawab



Kreatif





Gemar membaca


Inovatif


H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menjelaskan secara lisan arti lambang
Tertulis, penampilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
·  Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !

No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.

2.

3.

4.
Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.
Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka
Gaya penyampaian di depan kelas
Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya



I. Sumber / Bahan
  • Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18.
  • Lambang Pramuka/Tunas Kelapa
FORMAT KRITERIA PENILAIAN

Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan 



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

0 komentar:

Posting Komentar