JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami DISINI
KOMPONEN
| |
Mata Layanan
|
Layanan Dasar
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi-Sosial
|
Jenis Bimbingan
|
Bimbingan Kelompok
|
Standar Kompetensi
|
Menghargai diri dan oranglain
|
Tujuan
|
siswa memperoleh oengetahuan, sikap, dan keterampilan interpersonal untuk memahami diri dan oranglain
|
Kompetensi Dasar
|
Siswa mampu mengembangkan satu sikap positif memandang diri sebagai pribadi yang unik dan berharga
|
Indikator
|
- Siswa dapat memaafkan dirinya sendiri
- Siswa dapat memaafkan temannya
- Siswa dapat
|
Materi
|
Saling memaafkan
|
Metode dan Teknik
|
creative props
|
Alat dan Bahan
|
Bekas bungkus rokok
|
LANGKAH-LANGKAH
|
1. Awal
v Pembimbing mengucapkan salam dan meyapa siswa
v Pembimbing memimpin doa sebelum simulasi dilaksanakan
v Pembimbing menjelaskan tujuan simulasi
v Pembimbing mengkondisikan siswa agar tidak ribut selama layanan berlangsung
v Pembimbing membagi kelompok kedalam kelompok tryad
2. Transisi
v Pembimbing mengkondisikan siswa
3. Kerja
Eksperientasi
Pembimbing memberikan intruksi : dalam waktu 10 menit setiap kelompok harus membuat piramida setinggi-tingginya dengan peraturan ketika salah satu teman melakukan kesalahan maka dia harus mengucapkan kata “maafkan saya ya teman-teman” dengan suara yang keras kemudian kedua temannya membalaskanya dnegan mengucapkan “saya memaafkan kamu teman” dengan suara yang keras juga, setelah itu permainan boleh kembali dilanjutkan.
Identifikasi
Konselor memberikan pertanyaan
v Apa yang anda rasakan pada saat melakukan simulasi?
v Apa yang anda rasakan saat menjatuhkan bungkus rokok?
v Apa yang anda rasakan ketika teman anda melakukan kesalahan?
v Kesulitan apa yang anda temui pada saat menyelessaikan game ini?
v Apa yang anda pikirkan ketika anda mendapat kesulitan dalam mencapai keberhasilan menyelesaikan game ini?
v Apa yang membuat kalian dapat bangkit lagi untuk menyelesaikan game?
v Apakah anda mudah/sulit untuk meminta maaf?
v Apakah anda mudah/sulit untuk memaafkan?
v Mengapa anda merasa mudah/sulit meminta maaf?
v Mengapa anda merasa mudah/sulit memaafkan?
v Apa yang anda rasakan setelah meminta maaf?
v Apa yang anda rasakan setelah memaafkan?
Analisis
Dalam tahap ini kolselor memberikan pertanyaan
v Apa hikmah yang dapat diambil dari permainan ini?
v Bagaimana perndapat anda jika permainan ini dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari?
v Apa yang akan anda lakukan ketika diri merasa berdosa/salah?
v Apa yang akan anda lakukan ketika oranglain meminta maaf atas semua kesalahannya?
Generalisasi
v Apakah anda berencana untuk saling terbuka tentang kesalahn yang pernah diperbuat?
v Langkah-langkah apa saja yang akan anda lakukan ketika anda akan meminta maaf?
Terminasi
Refleksi umum
Konselor memberikan penguatan pada konseli dan memberikan kesempatan terbuka bagi siswa yang ingin konseling
|
0 komentar:
Posting Komentar