JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

contoh pembelajaran tematik di sekolah dasar

contoh pembelajaran tematik di sekolah dasar 

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini


  1.  Contoh Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar 9 71
  2. 2. Menelaah KD untuk mengidentifikasi tema yg dibutuhkan tema Daftar tema yang dibutuhkan di setiap mata pelajaran Memilih tema untuk setiap kelas sesuai kriteria pemilihan tema Merumuskan tema dengan frasa yang menarik Memilih KD dari setiap mata pelajaran yang sesuai dengan tema yang ditetapkan Menyusun Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menyusun Silabus (merumuskan kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian dan alokasi waktu) DAFTAR TEMA PETA KOMPETENSI DASAR (JARINGAN TEMA) SILABUS CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Alur Kerja Pengembangan Silabus Pembelajaran Tematik 72
  3. 3. TEMA KELAS I WAKTU 1.Diri sendiri: jujur, tertib dan bersih 4 Minggu 2.Kegemaranku 4 Minggu 3. Kegiatanku 4 Minggu 4. Keluargaku 4 Minggu 5. Pengalamanku 4 Minggu 6. Lingkunganku Bersih dan Sehat 4 Minggu 7. Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitarku 4 Minggu 8. Peristiwa Alam 4 Minggu Daftar Tema dan Alokasi Waktu 73 Catatan: Setiap tema memuat kompetensi sikap yang ditekankan pada anak kelas I SD terutama jujur, disiplin, dan peduli.
  4. 4. Contoh Jaringan Tema SD Kelas I Tema : Diri Sendiri: jujur, tertib dan bersih 74 Diri Sendiri: jujur, tertib dan bersih PPKn: • Menunjukan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila (KI-2) • Mengetahui tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah (KI- 3, KD-2) • …… Matematika: • Menunjukan perilaku rapi dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar dengan rapi (KI-2, KD-1) • ….. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan: • Mengetahui dan mampu memilih jajanan sehat (1) • Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi dan rambut dan pakaian (1) • …….. Seni, Budaya dan Desain: • Menunjukan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai ide untuk berkarya (KI-2, KD-2) • Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis (KI-3, KD-2) • ….. Bahasa Indonesia: • Menunjukan perilaku baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru dan teman (KI-2, KD-1) • Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4, KD-9) • …..
  5. 5. Contoh Jaringan Tema SD Kelas I Tema : Diri Sendiri: jujur, tertib dan bersih 75
  6. 6. 76
  7. 7. Contoh Silabus SD I (lanjutan) 77
  8. 8. 78 Contoh Silabus SD I (lanjutan)
  9. 9. 79 Contoh Silabus SD I (lanjutan)
  10. 10. Faktor Keberhasilan Implementasi Kurikulum 10 80
  11. 11. PesertaDidik Lulusanyang Kompeten Penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan Penguatan manajemen dan budaya sekolah Kesesuaian kompetensi PTK dengan kurikulum dan buku teks Faktor Keberhasilan Implementasi Kurikulum 81 Kurikulum Ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum Faktor Penentu Faktor Pendukung
  12. 12. Penyiapan dan Pembinaan Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 82DUKUNGAN EXTERNAL STAKEHOLDERS SOSIALISASI INDEKS KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENYIAPAN DAN PEMBINAAN GURU 1. Rekruitmen Guru • Berbasis Skor UKA, UKG, Diklat Pasca UKA, dan PLPG. • Portofolio Guru 2. Pendekatan Diklat: • Tatap Muka • Peer Teaching 3. Penilaian • Berbasis Kompetensi • PAP • Memberi keputusan layak dan tidak layak bagi guru. 4. Master Teacher • Nasional dan Daerah • Tidak pendekatan TOT UJI PUBLIK
  13. 13. Penyiapan Buku 83 • Dalam rangka implementasi kurikulum ini akan disusun buku: – Buku Siswa (substansi pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar) – Buku Panduan Guru (panduan pelaksanaan proses pembelajaran dan panduan pengukuran dan penilaian hasil belajar, silabus) – Dokumen Kurikulum (struktur kurikulum, standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan pedoman)
  14. 14. IKLIM DAN BUDAYA SEKOLAH KURIKULUM Sarana Prasarana Sistem Implementasi Kurikulum Pendidik dan Tenaga Kependidikan MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN 84
  15. 15. Strategi Implementasi 11 85

0 komentar:

Posting Komentar