JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Tindakan Kelas Biologi

Tindakan Kelas Biologi





Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini


Atau Cek FB Kami KLIK DISIN



Penelitian tindakan atau action research merupakan salah satu model penelitian yang timbul di tempat kerja, atau tempat dimana peneliti melakukan pekerjaannya sehari-hari. Dengan kata lain penelitian tindakan adalah cara seseorang (kelompok) dalam mengorganisasi suatu kondisi sehingga orang (kelompok) tersebut dapat mempelajari pengalaman mereka dan membuatnya dapat diakses oleh orang lain. Terdapat beberapa keunggulan dari penelitian tindakan, yaitu a) para peneliti tidak perlu meninggalkan tempat kerjanya untuk melakukan penelitian, b) para peneliti dapat merasakan secara langsung hasil dari penelitiannya, dan c) para responden (siswa) juga dapat merasakan hasil dari penelitiannya. Ketiga hal inilah yang membedakan penelitian tindakan dengan metode penelitian konvensional lainnya.
Penelitian tindakan kelas (PTK) pada dasarnya adalah berasal dari penelitian tindakan. Hanya saja terdapat penambahan kata “kelas”, untuk membedakan penelitian tindakan pada bidang pendidikan dengan penelitian pada bidang lainnya. Walaupun terdapat penambahan kata “kelas”, kelas di sini bukan berarti sebatas penelitian di kelas saja, melainkan dimanapun tempat guru mengajar. Guru merupakan sosok yang tepat dalam melaksanakan PTK ini. Hal ini dikarenakan guru merupakan sosok yang paling akrab dengan kelasnya, selain itu guru juga dituntut untuk dapat melakukan PTK di kelasnya untuk dapat meningkatkan profesionalitas guru sebagai fasilitator pendidikan.
Penelitian Tindakan Kelas Biologi merupakan studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja sendiri, yang dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan dengan sikap mawas diri (Kemmis dan Mc Taggart, 1988). PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif, yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap kondisi dalam praktik pembelajaran (Hopkins, 1993). Penelitian tindakan kelas adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi, atau memperbaiki sesuatu (Rochman Natawijaya, 1977).
Dari pengertian tersebut, dapat ditarik kesimpulan, bahwa PTK bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Selain itu PTK akan mendorong guru untuk memikirkan hal yang dilakukan sehari-hari dalam menjalankan tugas mengajarnya. Hal ini mengakibatkan para guru akan lebih kritis terhadap permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran berlangsung.PTK memiliki sifat fleksibel, sehingga dapat diterapkan dalam berbagai mata pelajaran seperti ilmu sosial, matematika, ilmu alam, dan sebagainya. Berikut ini kami sajikan beberapa contoh penelitian tindakan kelas biologi, yang pernah dilakukan, sehingga dapat dijadikan bahan acuan atau sebagai gambaran dalam melakukan PTK biologi selanjutnya, yaitu:
  1. UPAYA PENGEMBANGAN KETRAMPILAN PROSES DAN PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI MELAUI PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN STRATEGI INDUKTIF PADA SISWA SMU NEGERI 1 DEPOK SLEMAN
  2. HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS I CAWU 3 DI SMU NEGERI KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO
  3. PEMANFAATAN HASIL EVALUASI DALAM USAHA PENINGKATAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SMU DI DIY
  4. TINJAUAN KOMPARASI PRESTASI HASIL BELAJAR BIDANG STUDI BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) DAN NON LKS DI SLTP NEGERI 1 CEPIRING
  5. TINJAUAN TENTANG SIKAP SISWA SMU KELAS I MENGENAI PELAJARAN BIOLOGI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SMU NEGERI KRADENAN
  6. PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PERMAINAN PUZZEL PADA SUB POKOK BAHASAN RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI KWASEN I KESESI PEKALONGAN
  7. PENGARUH PENGGUNAAN LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SMP NEGERI I KEBASEM BANYUMAS
  8. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI POKOK “KEANEKARAGAMAN HAYATI” DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SEMESTER I MAN I PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
  9. PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) TERHADAP PENGUASAAN KETRAMPILAN PROSES PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM OTOT PADA MANUSIA SISWA KELAS VII E SEMESTER II, SMP NEGERI 2 KARANGTEN
  10. PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMBUATAN RINGKASAN BAHAN PELAJARAN SECARA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SISTEM TRANSPORTASI MANUSIA DI MTs. NEGERI BONANG DEMAK SEMESTER GENAP

0 komentar:

Posting Komentar