CONTOH LAYANAN
KONSELING INDIVIDU
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
I. A. Sekolah : S
B. Kelas /Jurusan : IX.1
C. Sasaran
Layanan : Konseli kode : An 201401
D. Alokasi
waktu : 1 x 45 Menit
E. Bidang
Layanan : Belajar dan Karir
F. Fungsi
Layanan : Pemahaman dan Pengentasan
G. Bentuk
Layanan : Individual
H. Tempat
Layanan : Ruang Konseling Individual
II.
Topik/permasalahan:
Kebingungan menentukan pilihan
studi lanjutan ( SMA atau SMK) menyebabkan malas belajar
III.
Kompetensi Tugas Perkembangan :
Tugas
perkembangan (6):
Mengembangkan
pengetahuan dan karir untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan atau
persiapan karir serta berperan dalam kehidupan di masyarakat
IV.
Tujuan Layanan:
Konseli menjadi mantap belajar
V.
Materi
:
Bingung memilih studi lanjutan menyebabkan konseli
malas belajar
VI.
Langkah Kegiatan Layanan :
NO
|
KEGIATAN LAYANAN
|
ALOKASI WAKTU
|
A
|
TAHAP
AWAL
1.
Penerimaan: situasi
konseling sejak awal menjadi tanggung jawab konseli, untuk itu konselor menyadarkan konseli
2.
Rapport dan penstrukturan
|
5
Menit
|
B
|
TAHAP
INTI
1.
Mengungkap penyebab masalah: Konselor memberanikan konseli
agar ia mampu mengemukakan perasaannya.
2.
Langkah treatment :
a.
Konselor menerima perasaan konseli serta
memahaminya
b.
Konselor berusaha agar konseli dapat memahami
dan menerima keadaan dirinya
c.
Konseli menentukan pilihan sikap dan tindakan
yang akan diambil
d.
Konseli merealisasikan pilihannya itu.
|
10 Menit
|
C
|
TAHAP
AKHIR
1.
Menyimpulkan hasil konseling
2.
Mengadakan evaluasi
3.
Menyusun jadwal pertemuan lanjutan
4.
Menutup konseling
|
5 Menit
|
VII.
Alat /Media /Sumber :
1. Angket minat
2. Data nilai rapor SMP/MTs Semester !,
2, 3, 4, dan 5
3. Prestasi non
akademik (jika ada)
VIII.
Rencana Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian :
a. Penilaian
Proses
Penilaian
terhadap proses pelaksanaan konseling dengan observasi ( terlampir)
b. Penilaian
hasil dengan interview :
- Understanding : Pemahaman baru
apa yang diperoleh konseli
- Comfort :
Bagaimana perasaan konseli setelah mengikuti
konseling
- Action :
Apa yang akan dilakukan konseli setelah proses konseling
Penilaian
Hasil tertulis : Laiseg, Laijapen dan
Laijapang
2. Alat Penilaian
:
Berupa Angket Laiseg, Laijapen dan Laijapang ( Terlampir )
IX.
Rencana
tindak lanjut :
- Satu minggu setelah layanan dipantau
dengan memberikan penilaian jangka pendek ( Laijapen )
- Satu bulan setelah layanan dipantau
dengan memberikan penilaian jangka panjang ( Laijapen )
Kinabulan, September 2015
Mengetahui
Kepala
SMPN 1 Mujamaju Guru BK/Konselor
Dra.
Kepala Sekolah, M.Pd Drs. Konselor, Kons.
NIP.
NIP.
Lampiran 1 : Instrumen
observasi/ pengamatan
Isilah dengan
memberi tanda cek ( Ö ) pada kolom ya atau tidak sesuai
dengan keadaan waktu proses konseling berjalan.
NO
|
KEGIATAN
KONSELI
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Konseli
aktif mengikuti proses konseling
|
||
2
|
Konseli
mengungkap permasalahan dengan terbuka
|
||
3
|
Konseli
menemukan penyebab masalah
|
||
4
|
Konseli
mampu menemukan alternatif pemecahan masalah
|
||
5
|
Konseli
mampu merencanakan langkah pelaksanaan hasil konseling
|
||
6
|
Konseli
mau diajak konseling lanjutan
|
Kinabulan,
………………….2015
Observer
.......................
0 komentar:
Posting Komentar