TAHAP-TAHAP DAN PEMBUTAN SOSIOMETRI
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
Pengertian
Sosiometri adalah alat yang digunakan untuk meneliti struktur sosial sekelompok individu dengan dasar penelaahan terhadap relasi sosial, status sosial dari masing-masing anggota kelompok yang bersangkutan. Sosiometri dapat juga dikatakan sebagai alat yang dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok, selain itu dapat juga dipergunakan untuk mengetahui popularitas seseorang dalam kelompoknya serta untuk meneliti kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya dalam kelompok, baik dalam kegiatan belajar, bermain, bekerja dan kegiatan-kegiatan kelompok lainnya.
Kegunaan lebih lanjut dari teknik sosiometri ini ialah:
Sosiometri adalah alat yang digunakan untuk meneliti struktur sosial sekelompok individu dengan dasar penelaahan terhadap relasi sosial, status sosial dari masing-masing anggota kelompok yang bersangkutan. Sosiometri dapat juga dikatakan sebagai alat yang dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok, selain itu dapat juga dipergunakan untuk mengetahui popularitas seseorang dalam kelompoknya serta untuk meneliti kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya dalam kelompok, baik dalam kegiatan belajar, bermain, bekerja dan kegiatan-kegiatan kelompok lainnya.
Kegunaan lebih lanjut dari teknik sosiometri ini ialah:
- Untuk memperbaiki hubungan insani (human relationship).
- Untuk menentukan kelompok kerja tertentu.
- Untuk meneliti kemampuan memimpin seseorang dalam kelompok pada suatu kegiatan tertentu.
- Untuk mengatur tempat duduk di dalam kelas.
- Untk mengetahui kekompakan dan perpecahan anggota kelompok.
Beberapa hal yang perlu diingat dalam melancarkan sosiometri:
- Sebelum dilancarkan hendaknya petugas berusaha menciptakan hubngan baik dengan kelompok.
- Petunjuk diberikan dengan jelas.
- Diterapkan maksud pelancaran sosiometri.
- Sosiometri hendaknya diselenggarakan dalam kondisi dimana siswa tidak saling mengetahui jawabannya.
- Petugas harus menyadari bahwa pilihan individu merupakan informasi yang bersifat rahasia.
- Individu harus saling mengenal.
- Langkah-langkah penyelenggaraan sosiometri
- Menentukan kelompok siswa yang diselidiki.
- Memberikan informasi tertentu tentang tujuan diselenggarakannya sosiometri.
- Mempersiapkan angket sosiometri kartu pilihan sosiometri.
- Membagikan dan mengisi angket sosiometri.
- Mengumpulkan kembali dan memeriksa apakah pengisian angket sudah benar.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam analisis hasil sosiometri, yaitu:
- Memeriksa hasil angket sosiometri.
- Mengadakan tabulasi dan membuat matrik sosiometri.
- Membuat sosiogram.
- Membuat indeks pemilihan yakni indeks pemilihan dibuat dengan rumus:
n-1
keterangan :
i.p = indeks pemilihan
n = jumlah anggota dalam kelompok
- Membuat laporan hasil analisis sosiometri.
- Daftar isian sosiometri
DAFTAR ISIAN SOSIOMETRI
Nama : L/PKelas :
Tanggal :
Kriterium : Untuk kegiatan Belajar Kelompok
Pilihan I :
Alasan :
Pilihan II :
Alasan :
- Matrik sosiometri
MATRIK SOSIOMETRI
YANG DIPILIH
PEMILIH |
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A | |||||
B | |||||
C | |||||
D | |||||
E | |||||
Pilihan I | |||||
Pilihan II | |||||
Jumlah (f) |
- Sosiogram
- Status sosiometri dari data subyek:
- Status pemilihan.
- Status penolakan.
- Status pemilihan dan penolakan.
- Besarnya jumlah pemilih untuk setiap subyek.
- Arah pilihan dari dan terhadap individu tertentu.
- Kualitas arah pilihan.
- Intensitas pilihan.
- Ada dan tidaknya pusat pilihan.
- Ada tidaknya isolasi.
- Kecenderungan timbulnya kelompok.
- Buat sumbu ordinat dan dibuat skala yang mencakup frekuensi pemilihan terbanyak.
- Letakan setiap individu setinggi frekuensi pemilih y yang diperoleh. Misalnya A pemilihannya 5 angka maka A diletakan pada garis yang setinggi frekuensi 5.
- Buat garis pilihan yang ditandai dengan panah
A → B berarti A memilih B
A ↔ B berarti A dan B saling memilih
A —> B berarti A menolak B
A <–> B berarti A menolah B, dan B menolak A
A ↔ B berarti A memilih B, dan B menolak A
Berbentuk bntang (star). Bila pusat A tidak ada maka kelompok akan bubar, karena hubungan kurang menyeluruh.
Berbentuk jala (network). Hubungan cukup menyeluruh, baik, kuat dan hilangnya seseorang tidak akan membuat kelompoknya buba. Hubungan ini mempunyai intensitas cukup kuat.
- A→B→C→D
4. Indeks Pemilihan
Kesimpulan secara umum diperoleh bahwa A adalah anak yang paling populer dalam kelompok tersebut, dengan mendapat jumlah pemilihn 4 terdiri atas 3 pilihan pertama dan 1 pilihan kedua. Dengan demikian tingkat popularitas A dalam kelompok dapat dicari melalui penghitungan indeks pemilihan, yaitu :
4
i . p = ——– = 1
5 – 1
jadi indeks pemilihan untuk A = 1. berarti semua anggota kelompok memilih A.
Dari antara kelima anggota kelompok tidak ada yang terisolir, dapat dilihat lagi pada osiogram.
Pada sosiogram juga tampak tiga pasang anak yang saling memilih, yaitu : untuk pilihan pertama, A – B : untuk pilihan kedua B , sedang untuk pilihan ketiga, C – E. Disamping itu ada dua buah klik yang mencolok yaitu : A-C-D dan A-B-E yang saling memilih triangle.
Berdasar pada tujuan sosiometri yaitu membentuk kelompok belajar maka ada beberapa alternasi yang dipertimbangkan untuk pembuatan kelompok belajar ini, disamping juga perlu dipertimbangkan dengan alasan setiap pilihan. Misalnya
Kelompok I : A-B-C
Kelompok II : C-D-B
Kelompok III : C-B-E
5. Membuat laporan hasil analisis sosiometri.
Untuk mencatat data sosiometri secara individual maka dapat digunakan kartu sosiometri untuk setiap siswa dan kartu sosiometri ini disimpan dalam kartu pribadi.
|
0 komentar:
Posting Komentar