JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Contoh Surat Izin Tidak Masuk (Sekolah dan Kuliah)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk (Sekolah dan Kuliah)



JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

Surat izin tidak masuk (atau yang biasa kita pakai untuk keperluan izin) pada hakikatnya memiliki sturktur dan penyusunan bahasa yang sama dengan surat resmi lainnya. Membuatnya pun tidak sembarangan dan asal jadi, di dalamnya harus menggunakan etika dan tata cara tertentu.
Biasanya, surat izin tidak masuk ini kita gunakan sebagai alat pemberitahuan bahwa yang bersangkutan tidak bisa hadir pada saat itu. Entah itu karena sakit, acara keluarga, atau beberapa urusan mendadak lainnya.
Akan tetapi, apakah anda sudah yakin bahwasannya surat izin tidak masuk yang digunakan sudah benar dan sesuai prosedur? Sebelum kita beranjak pada tahap selanjutnya, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan beberapa alat tulis terlebih dahulu.
Jika anda ingin membuat surat izin, maka kertas yang harus digunakan adalah kertas HVS berukuran A4. Mengapa demikian? Hal ini ditujukan agar surat izin mejadi terlihat lebih rapi dan sopan. Jangan gunakan kertas buku sebagai media penulisan surat izin.
Karena pada dasarnya hal itu hanya akan memberikan kesan yang tidak sopan dan kurang baik nantinya. Selain kertas hvs, anda juga perlu menyediakan amplop agar surat izin terlihat lebih sopan.

Tips Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Ketika membuat surat izin, tentunya kita juga harus memperhatikan beberapa kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar. Mengingat surat izin termasuk kedalam kategori surat resmi, maka tata bahasa yang dipakai pun sudah sepatutnya berbeda dengan surat cinta atau surat non-formal lainnya.
Jangan sampai anda salah dalam penggunaan kata ketika menulis surat izin tersebut. Sebab hal itu akan membuat anda mendapat teguran dari guru atau intansi yang anda mintai izin. Lebih fatalnya lagi, surat anda tidak akan dianggap keberadaannya karena tidak sesuai dengan kaidah yang seharusnya dipakai.
  1. Langkah-langkah yang harus diambil ketika membuat surat izin diantaranya:
  2. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.
  3. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas HVS tersebut dengan yang baru. Jangan sampai anda meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.
  4. Walau lebih terlihat rapi, penulisan menggunakan ketikan tidak dianjurkan dalam proses penulisan surat izin. Tulislah surat izin tersebut dengan tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.
  5. Setelah itu, masukan ke dalam amplop lalu jangan lupa memberikan naman pengirim pada bagian luar amplop

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit


Magetan, 7 April 2016
Kepada: Yth Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII C
SMA Sintesa Magetan
Di tempat
Dengan hormat:
Saya orang tua/wali dari siswa yang bernama:

Nama    : Arrazi Ibrahim
Kelas     : XII C SMA Sintesa Magetan
Alamat  : Jl. Perjuangan No 32 Desa Kandangan Kec. Pematang Kab. Magetan-Jawa Timur

Memberitahukan bahwasannya anak tersebut tidak bisa mengikuti mata pelajaran yang biasa dilakukan pada hari Senin 7 April 2016 dikarenakan sakit. Maka dari itu, sudi kiranya Bapak/Ibu Guru berkenan untuk memberikan izin. Demikian surat izin ini saya buat, atas segala kesempatan dan perhatian yang Bapak/Ibu Guru berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Ttd Wizam Robbani

0 komentar:

Poskan Komentar