JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Pengumpulan DanPenyimpanan Data Tentang Siswa

Pengumpulan DanPenyimpanan Data Tentang Siswa


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
A.      JENIS DATA

       Di atas telah disebutkan bahwa data merupakan hal yang paling penting dalam upaya memahami murid secara lebih baik. Pemahaman yang lebih baik tentang murid hanya mungkin dapat dicapai jika sekolah memiliki data yang lengkap dan meyeluruh tentang murid. Data yang dimaksud meliputi data pribadi dan data lingkungan.

1.        Data pribadi
Yang termasuk data pribadi ialah :
a.       Data tentang pengenalan diri siswa. Data ini terdiri dari nama, jenis kelamin, tanggal tempat lahir, dan tempat tinggal.
b.      Data tentang latar belakang keluarga dan lingkungan sosial, yaitu keadaan orang tua dan anggota keluarga lainnya serta lingkungan sekitar yang berupa antara lain umur ayah dan ibu, status hubungan ayah dan ibu (utuh, cerai, meninggal), jumlah anggota keluarga, pendidikan orang tua dan anggota keluarga lainnya, pekerjaan orang tua dan anggota keluarga lainnya, sikap orang tua dan anggota keluarga lainnya, dan pengaruh-pengaruh kehidupan masyarakat sekitar.
c.       Data tentang keadaan kesehatan dan perkembangan murid, seperti keadaan kelahiran, penyakit yang pernah diderita, imunisasi yang pernah diperoleh, penglihatan, dan pendengaran.
d.      Data tentang kemampuan dasar, yaitu angka atau keterangan tentang kemampuan (kecerdasan) yang diperoleh berdasarkan hasil pengukuran dengan menggunakan  tes psikologis.
e.       Data tentang kemampuan khusus, yaitu kecakapan atau ketrampilan dalam bidang tertentu yang dimiliki, angka atau keterangan tentang kecakapan yang berdasarkan hasil pengukuran dengan menggunakan tes bakat khusus.
f.       Data tentang riwayat pendidikan dan prestasi belajar, yaitu umur ketika pertama kali masuk sekolah, kepindahan sekolah, kenaikan kelas, pendidikan tambahan atau kursus yang pernah diikuti, kedudukan di dalam kelas, dan prestasi belajar pada umumnya.
g.      Data tentang kepribadian, yaitu penyesuaian diri, sikap, kebiasaan-kebiasaan kematangan emosional, minat, dan sebagainya.
h.      Kegiatan-kegiatan luar sekolah, yaitu kegiatan-kegiatan yang diikuti di luar jam sekolah, seperti pekerjaan sambilan, kegiatan dalam organisasi kepemudaan, kegiatan sosial, dan kegiatan di bidang keagamaan.
i.        Data tentang rencana-rencana masa depan, yaitu berkenaan dengan rencana setelah tamat sekolah, baik kelanjutan studi maupun pemilihan pekerjaan.

2.        Data tentang Lingkungan
       Selain data pribadi seperti yang telah dikemukakan di atas, perlu pula dikumpulkan berbagai data tentang lingkungan. Data tentang lingkungan ini sangat penting dan berguna dalam rangka memberikan informasi kepada murid. Dalam rangka penyesuian diri, khususnya yang berkaitan erat dengan program dan kegiatan pendidikan, minat, dan cita-cita, murid memerlukan data yang lengkap dan menyeluruh tentang berbagai aspek lingkungan. Data yang dimaksud adalah:
a.         Data tentang pendidikan, yaitu data yang berkenaan dengan sistem penyelenggaraan pendidikan, kurikulum, program-program yang ada, mata pelajaran yang dipersyaratkan, syarat-syarat masuk, biaya yang diperlukan dan sebagainya.
b.        Data tentang jabatan dan pekerjaan, yaitu data kategori ini antara lain berkenaan dengan jenis-jenis jabatan dan pekerjaan, keserupaan syarat-syarat kerja, dan kondisi-kondisi kerja.
c.         Data tentang sosial pribadi. Kategori ini antara lain mengenai adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan dan tradisi-tradisi.

B.       SUMBER DATA

       Yang dimaksud dengan sumber data ialah pihak-pihak yang dapat dimintai dan memberikan keterangannya tentang pribadi murid dan lingkungan. Secara skematis sumber data itu digambarkan seperti di bawah ini

0 komentar:

Poskan Komentar