JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Cara Membuat Kata Pengatar Dan Contohnya

Cara Membuat Kata Pengatar Dan Contohnya

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

Jika Anda membaca karya tulis entah itu makalah ataupun skripsi, pada halaman depan pasti ada yang nama kata pengantar. Kata pengantar tersebut sangatlah penting dalam sebuah karya tulis ataupun sebuah buku, karena dengan kata pengantar seorang penulis menguraikan ungkapan rasa syukurnya dan ucapan terima kasihnya kepada semua belah pihak yang membantunya dalam penyelesaian karyanya tersebut.
Namun, dalam penulisan kata pengantar karya tulis ilmiah dengan kata pengantar buku ataupun novel akan berbeda, kata pengantar karya tulis ilmiah akan lebih rinci dibandingkan kata pengantar buku ataupun novel. Kadang penambahan kata pengantar di halaman depan sebuah buku atau novel tidak ditambahkan, hal seperti ini sering terjadi pada novel-novel jaman dulu atau novel klasik.
Kadang masih banyak orang yang bingung atau yang sulit membedakan antara kata pengantar dengan pendahuluan. kata pengantar dengan bagian pendahuluan sangat berbeda, kata pengantar merupakan ucapan rasa terima kasih penulis sedangkan pendahuluan merupakan bagian yang menjelaskan latar belakang suatu topik yang diangkat dalam sebuah karya tulis.
Penulisan kata pengantar untuk setiap karya tulis berbeda entah itu buku, makalah, esai, dan yang lainnya. Dibawah ini ada beberapa jenis kata pengantar, diantaranya:
Kata Pengantar Makalah
Kata pengantar dalam sebuah makalah, skripsi atau karya tulis ilmiah sangat penting sekali dan sangat wajib disertakan dalam laporan karya tulis ilmiah tersebut. Hal ini bertujuan untuk menyambut pembaca karya tulis.
Kata Pengantar Pidato
Dalam sebuah pidato, penulisan kata pengantar juga diperlukan namun sangat berbeda sekali dengan penulisan kata pengantar untuk karya tulis. Kata pengantar pidato lebih dikenal dengan kata pembukaan, kata pengantar untuk sebuah pidato harus lebih menarik agar pemirsa yang mendengarkan pidato Anda merasa tidak jenuh.
Kata Pengantar Surat
Kata pengantar sebuah surat biasanya berisikan perkenalan diri, dan selanjutnya di ikuti dengan alasan surat tersebut dibuat dan rincian isi lainnya. Kata pengantar surat biasany disebut pengantar surat atau kalimat pembuka.
Kata Pengantar Esai
Esai merupakan tulisan yang berisi opini penulis tentang suatu subyek di amatinya. Dalam sebuah esai, kata pengatar harusn mengenalkan topik Anda bahas, berisi pendapat Anda, dan juga memberikan konteks dari esai Anda.

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah atau Karya Tulis IlmiahMembuat Kata Pengantar – pixabay.com

Kata pengantar dalam sebuah makalah atau karaya tulis ilmiah, harus lebih padat dan rinci. Seperti dibawah ini ada beberapa isi kata pengantar yang harus ada pada karya tulis ilmiah. yakni:
  1. Bagian awal terdapat ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa.
  2. Deskripsikan secara singkat mengenai topik atau judul yang diangkat pada makalah tersebut.
  3. Memberikan ucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu penyelesaian karya tulis Anda.
  4. Dibagian bawah bubuhkan tanggal dan tanda tangan penulis.
  5. Berikan juga kalimat harapan penulis.

0 komentar:

Posting Komentar