JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

CONTOH SATLAN BK BELAJAR

CONTOH SATLAN BK BELAJAR


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini



MOTIVASI BELAJAR

A.     PENGERTIAN MOTIVASI BELAJAR
Motivasi adalah dorongan dari diri indivindu yang melatarbelakangi suatu tingkah laku. Motivasi bisa timbul dari dalam diri individu maupun dari luar diri indivindu. Kuat lemahnya motivasi yang mendasari suatu tingkah laku mempengaruhi hasil tingkah laku itu. Seorang anak yang memiliki motivasi yang kuat akan semakin besar juga upayanya dalam meraih keberhasilan atau apa yang diharapkannya, sebaliknya seorang anak yang tidak memiliki motivasi yang kuat akan mudah merasa putus asa ketika menghadapi suatu hambatan atau permasalahannya.
Belajar adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaks dengan lingkungannya.
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Dalam motivasi belajar dorongan merupakan kekuatan mental untuk melakukan kegiatan dalam rangka memenuhi harapan dan dorongan dalam hal ini adalah pencapaian tujuan.

B.     MACAM-MACAM MOTIVASI
1.      Motivasi Intrinsik
Motivasi intrinsik adalah motivasi yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu ada perangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Dengan demikian, tingkah laku yang dilakukan seseorang disebabkan oleh kemauan sendiri bukan dorongan dari luar.
Contoh : Ali yang terus berlatih catur karena adanya dorongan dari dalam
dirinya sendiri agar bias menjadi grand master catur tingkat dunia.
2.      Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik merupakan motif yang aktif dan berfungsi karena adanya dorongan atau rangsangan dari luar.
Contoh : Lia yang belajar matematika karena adanya dorongan dari orang
 tuanya agar Lia  dapat lulus SNMPTN Jurusan matematika di
 Universitas Negeri Jakarta, padahal sebenarnya Lia ingin masuk
 di jurusan Sastra Indonesia.

C.     CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
1.      Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiswa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah prestasi.
2.      Belajar apapun
Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.
3.      Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis (grup diskusi di Internet) dapat menjadi tempat kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri.
4.      Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif
Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orangyang optimis dan selalu berpikiran positif.


5.      Cari motivator
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu dan teladan dalam menjalani hidup. Kitabisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi kita untuk belajar dan meraih prestasi.
Misalnya : Teman, Orang tua, Saudara, Guru





0 komentar:

Poskan Komentar