JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

PTK BAB 1 MATA PELAJARAN IPS TENTANG JENIS PEKERJAAN

PTK BAB 1 MATA PELAJARAN IPS TENTANG JENIS PEKERJAAN


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini

Atau Cek FB Kami Disini

BAB I
PENDAHULUAN



A.      Latar Belakang Masalah
1.      Identifikasi Masalah
Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang membutuhkan ketekunan dalam membaca. Cakupan materi yang luas terkadang menyulitkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Berdasarkan KTSP siswa diharapkan menemukan sendiri pemahaman konsep berdasarkan konsep awal yang telah mereka miliki.
Namun jika melihat pada karakteristik siswa sekolah dasar yang belum bisa mengembangkan imajinasinya jika tidak berdasarkan pengalaman mereka sendiri atau melihat bendanya secara langsung, siswa tidak akan mudah memahami konsep tersebut. Hal ini sejalan dengan pendapat Piaget yang mengemukakan bahwa taraf berfikir siswausia SD adalah kongkret operasional, artinya untuk memahami suatu konsep siswa harus diberikan kegiatan yang berhubungan dengan benda nyata atau kejadian nyata yang dapat diterima oleh mereka.
Penulis sependapat dengan hal yang dikemukakan oleh Piaget. Seperti pengalaman penulis dalam proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah saja ternyata masih belum dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu konsep. Setiap evaluasi yang penulis berikan pada akhir proses pembelajaran masih jauh dari kata berhasil. Karena, hanya 12 siswa yang telah mampu memperoleh nilai di atas KKM  atau jika di prosentase sebesar 52,17 % dari 23 siswa seluruhnya.
Jika kita pahami lebih jauh, pendapat Piaget mengharapkan adanya media atau alat bantu dalam pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahami suatu konsep. Pendapat piaget tersebut sejalan dengan hasil analisis penulis terhadap proses pembelajaran yang penulis lakssiswaan tanpa alat bantu atau media pembelajaran, sehingga hasil yang penulis peroleh belum maksimal.

2.      Analisis Masalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas, penulis mencoba menganalisis masalah-masalah yang penulis hadapi di kelas. Masalah-masalah tersebut antara lain :
a.       Pembelajaran kurang menyenangkan.
b.      Rata-rata nilai siswa belum mencapai KKM mata pelajaran.
c.       Dalam proses pembelajaran di kelas belum menggunakan media pembelajaran.

3.      Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Berdasarkan analisis masalah di atas, penulis berusaha mencari alternatif pemecahan masalah yang penulis hadapi. Untuk menemukan solusi dari masalah tersebut, penulis melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang biasa penulis lakssiswaan. Dan memang penggunaaan media dalam pembelajaran dapat membantu dan mempermudah guru dan siswa. 
Oleh sebab itu penulis akan melakukan penelitian dengan judulPenggunaan Media Gambar Dalam pembelajaran IPS Pada Materi Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SDN 2 Jatiseengkidul Kec. Ciledug Kab. Cirebon”.

B.       Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 2 Jatiseengkidul dalam pembelajaran IPS pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan ?
2.      Bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 2 Jatiseengkidul dalam pembelajaran IPS pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan ?
3.      Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 2 Jatiseengkidul pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dalam pembelajaran IPS?
                                   
C.      Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah :
1.      Mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 2 Jatiseengkidul dalam pembelajaran IPS pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan.
2.      Mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 2 Jatiseengkidul dalam pembelajaran IPS pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan.
3.      Mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 2 Jatiseengkidul pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dalam pembelajaran IPS.

D.      Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Harapan penulis penelitian ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi semua pembaca pada umumnya, adapun manfaat tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.        Manfaat bagi guru
a.    Dapat dijadikan masukan bagi guru lain atau pembaca dalam proses belajar mengajar di kelasnya masing-masing.
b.    Sebagai alternatif pemecahan masalah bagi pembaca yang mempunyai masalahyang sama.

2.        Manfaat bagi siswa
a.    Dapat menciptakan suasana belajar di kelas yang lebih bermakna.
Dengan media yang tepat diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi.



0 komentar:

Poskan Komentar